Semarapura (Antaranews Bali) - Penjabat Sementara Bupati Klungkung, Bali I Wayan Sugiada didampingi Kepala Kantor Kementerian Pertahanan Provinsi Bali Ketut Budiastawa menghadiri kegiatan Pembinaan Sumber Daya Manusia (SDM) terkait Pertahanan Negara tahun 2018 di Ruang Rapat Praja Mandala Kantor setempat, Rabu.
   
Pjs Bupati Klungkung I Wayan Sugiada mengatakan, kekuatan sebuah bangsa ada di tangan para generasi mudanya, sehingga mereka sangat penting untuk kelangsungan bangsa,
   
"Merekalah yang akan menunjukkan wajah kehormatan suatu bangsa dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Ditangan merekalah masa depan dan kepemimpinan negara berada", ujar Wayan Sugiada.
   
Wayan Sugiada menyambut baik terlaksananya kegiatan pembinaan sumber daya manusia pertahanan negara yang melibatkan generasi muda.
"Karena melalui pembinaan ini kesadaran bela negara dan rasa cinta tanah air para generasi muda akan dapat ditumbuhkembangkan" imbuhnya.
   
Wayan Sugiada mengharapkan kepada narasumber agar dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi generasi muda saat ini. Dan kepada para siswa diharapkan dapat menyerap informasi yang diberikan, menginternalisasikan ke dalam diri sehingga semangat bela bela negara dan cinta tanah air ini dapat terpatri dalam sanubari masing-masing serta menularkan kepada masyarakat lainnya.
   
Ia mengharapkan kepada guru pendanping dan tokoh agama dapat berperanserta dalam meningkatkan pembinaan terhadap generasi muda untuk menjadi sumber daya manusia pertahanan negara yang sangat dibutuhkan oleh bangsa dan negara Indonesia.
   
Kepala Kantor Kementerian Pertahanan Provinsi Bali Ketut Budiastawa mengatakan, kegiatan pembinaan sumber daya manusia (SDM) terkait pertahanan negara untuk para siswa merupakan agen perubahan, perubahan menuju kearah yang lebih baik.
   
Selain itu juga sebagai langkah Kementerian Pertahanan Republik Indonesia untuk mensosialisasikan tentang organisasi Kementerian Pertahanan yang ada di Provinsi Bali, yakni Perwakilan Kementerian Pertahanan. PKP sendiri sudah berdiri sejak tahun 2012.
   
Ketut Budiawan juga menjelaskan jika PKP baru ada di Tingkat Provinsi, "Apabila Kabupaten/kota juga memiliki kegiatan yang berkaitan Kementerian Pertahanan khususnya militer maupun non-militer, harap juga hubungi kami," harap Ketut Budiawan.
   
Dalam kegiatan Pembinaan Sumber Daya Manusia (SDM) terkait Pertahanan Negara Provinsi Bali tahun 2018, Ketut Budiastawa sebagai narasumber memberikan pemahaman tentang pengertian dari bela negara, dan cara menerapkan bela negara dalam kegiatan pada kehidupan sehari-hari.
   
Pemateri lainnya, juga disampaikan mengenai lomba yang akan diadakan oleh Kementerian Pertahanan yakni Parade Cinta Tanah Air Provinsi Bali 2018, dimana peserta lomba berasal dari para siswa SMA/SMK se Bali. Dalam acara tersebut diisi hiburan berupa tari pendet. (*)

Pewarta: I Ketut Sutika

Editor : I Komang Suparta


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018