Denpasar (Antara Bali) - Seniman tari dan tabuh dari Yayasan Yasa Putra Sedana Payangan, Bali setelah ikut meramaikan pawai pada Festival Forklores di Perancis, menjadi daya tarik agar masyarakat di negeri itu datang ke Pulau Dewata.

"Saya optimis kegiatan seni budaya internasional itu dapat dijadikan ajang prmosi kepariwisataan Indonesia khususnya dari Bali," kata Dewa Rai Budiasa, pemimpin rombongan kesenian itu lewat ponselnya Senin.

Ia mengatakan, Seniman Pulau Dewata yang mengenakan pakaian khas Bali dalam atraksi seni budaya internasional itu mendapat sambutan meriah dari masyarakat yang menyaksikan pawai tersebut.

Para seniman Bali tetap bergairah bahkan bersemangat saat bersanding bersama seniman dari banyak negara seperti misalnya asal Meksiko, Afrika Selatan, Iran, Hongaria, Brasil, Cekoslavia, Irlandia dan Perancis.

Para seniman tabuh dan tari Bali yang mampu tampil sempurna dalam bersanding dengan atraksi dari seniman negara lainnya yang hadir, menampilkan gerakan-gerakan yang anggun sesuai dengan pakaian khas yang dikenakannya.

Tarian Bali yang dibawakan para seniman muda asal Payangan itu, mendapat perhatian antusias karena tidak ada duanya, dan masyarakat yang sempat menyaksikan akan tertarik untuk bisa datang ke Bali, harap Dewa Rai.

Para seniman tersebut hampir satu bulan sejak 8 Juli 2011 berada di negeri Eropa, melakukan pentas mewakili Indonesia dikancah seni budaya Internasional yang sekaligus sebagai sarana promosi kepariwitaan ke luar negeri.

Seniman Bali yang ikut berkeliling ke negeri itu, mampu menarik minat calon wisatawan Perancis datang ke Indonesia terutama ke Bali, sebab jumlah pelancong dari salah satu negeri Eropa itu masih relatif sedikit.

Dewa Rai menyayangkan, turis asal Perancis yang ke Bali masih relatif sedikit, pada hal masyarakat negeri itu potensial melakukan perjalanan ke luar negeri, dan mereka biasanya loyal membelanjakan dolarnya.

Perancis merupakan salah satu dari sepuluh negara pemasok turis asing selama ini, dan sekarang mulai ada peningkatan jumlah kunjungan ke Bali, namun demikian promosi tetap perlu lebih intensif ke negeri itu.

Sesuai catatan Dinas Pariwisata Bali, turis Perancis yang datang langsung berlibur dari negaranya ke Bali selama Januari-Juni 2011 mencapai 45,497 orang bertambah 3,8 persen jika dibandingkan periode sama 2010 hanya 43.985 orang.(*)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2011