Negara, (Antaranews Bali) - Warga perkampungan gang Pasar Umum Negara, Kabupaten Jembrana, Bali yang masuk wilayah Kelurahan Pendem menolak lingkungannya kumuh, dengan bukti berhasil meraih juara bidang kebersihan.
     
"Saya salut dengan warga gang pasar umum ini. Tidak selamanya gang pasar itu identik dengan kondisi yang kotor dan kumuh, tapi bisa juga bersih dan asri seperti gang ini," kata Bupati Jembrana I Putu Artha, saat menyerahkan piagam penghargaan kepada warga gang tersebut, Jumat.
     
Ia mengatakan, kebersihan Gang I Jalan Sudirman yang merupakan gang Pasar Umum Negara itu, tidak lepas dari semangat gotong-royong masyarakat sekitar, sehingga bisa menjadi contoh masyarakat lainnya.
     
Lurah Pendem Putu Mahardika mengatakan, gerakan kebersihan lingkungan ini merupakan program prioritas kelurahan, yang akan dievaluasi dan dinilai setiap tiga bulan sekali.
     
"Setelah gang-gang tertata dengan penghijauan berbagai jenis tanaman, kami juga awasi, evaluasi dan memberikan penghargaan, sehingga gang yang bersih dan lestari tetap dijaga oleh masyarakat," katanya.
     
Selain juara dalam hal kebersihan, Gang I Jalan Sudirman juga dijadikan percontohan lingkungan tertib administrasi kependudukan, dimana menurut Mahardika, 125 keluarga di gang tersebut memegang administrasi kependudukan yang lengkap mulai dari KTP, kartu keluarga, kartu identitas anak, akte kelahiran dan akte nikah.(GBI)

Pewarta: Gembong Ismadi

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018