Denpasar (Antaranews Bali) - Konsulat Jenderal China di Denpasar, Bali, memamerkan 230 foto diplomasi luar negeri hingga perkembangan pembangunan di negara itu untuk mempererat hubungan dengan Indonesia.

"Ini untuk lebih mengenalkan perkembangan China dan mendorong persahabatan kedua negara," kata Pelaksana Tugas Konsul Jenderal China Chen Wei setelah pembukaan pameran foto di Denpasar, Rabu.

Pameran foto bertajuk "China in New Era" itu juga menampilkan momentum hubungan baik antara pemerintah Indonesia dan China serta sejumlah kegiatan yang dilakukan Konjen China di tiga wilayah kerja yakni di Bali, NTB dan NTT.

Dari ratusan foto yang ditampilkan, pengunjung dapat melihat perkembangan pembangunan China dalam lima tahun terakhir melalui dokumentasi yang menampilkan warga dalam kemiskinan hingga potret negeri itu menjadi salah satu kekuatan ekonomi terbesar di dunia.

"Sekarang China memasuki era baru karena semua berkembang cepat. Kami harap kedua negara bisa juga mempererat kerja sama," ucap Chen.

Menurut Chen, hubungan China dan Indonesia telah memasuki era terbaik sepanjang sejarah di bawah kepemimpinan Presiden Xi Jinping dan Presiden Joko Widodo.

Selama tiga tahun berdirinya perwakilan negara itu di Denpasar, pihaknya berupaya memperdalam komunikasi dan kerja sama di tiga provinsi yang menjadi wilayah kerjanya.

Sementara itu Sekretaris Dinas Kebudayaan Provinsi Bali Anak Agung Komang Sapta Negara yang turut hadir mewakili pemerintah mengungkapkan hubungan antara Pulau Dewata dengan China sudah terjalin sejak lampau.

Begitu juga hubungan kedua pemerintah dan konektivitas antarbangsa juga telah terjalin dengan baik.

Melalui pameran foto itu, diharapkan warga Bali dapat mengenal perkembangan terbaru di negeri itu sekaligus memperkuat kerja sama.

"Ini akan mendorong kerja sama lebih erat lagi baik formal maupun informal baik itu antarpemerintah maupun misi kesenian," katanya.

Pameran foto tersebut digelar di gedung Ksirarnawa Taman Budaya Denpasar yang akan berlangsung hingga Sabtu (24/2) mulai pukul 08.00 hingga 18.00 WITA. (*)

Pewarta: Dewa Wiguna

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018