Denpasar (Antaranews Bali) - Menteri Sosial Idrus Marham membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Karang Taruna se-Indonesia di Sanur, Denpasar, Bali, Kamis malam.

Rakernas yang berlangsung hingga 27 Januari 2018 itu dihadiri seribu peserta se-Indonesia dengan tema "Menyama Braya" (bersaudara dalam perbedaan).

"Tema tersebut diambil untuk menjadikan rakernas sebagai momentum kebangkitan para pemuda di tengah isu-isu radikalisme serta isu perpecahan yang belakangan ini terjadi," kata Ketua Umum Pengurus Nasional Karang Taruna, Didik Mukrianto.

Dalam laporannya, ia menjelaskan karang taruna menjadi bagian penting negara untuk dapat melakukan pengentasan masalah masyarakat kemiskinan, degradasi moral, narkoba, dan ideologi radikal yang mengancam generasi muda.

"Karang taruna bersama pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Sosial, Pemerintah Provinsi dan kabupaten, kota, serta kepala daerah akan berkomitmen untuk menguatkan posisi dan keteguhan hati seluruh karang taruna untuk mengentaskan masalah sosial generasi muda menuju kesejahteraan sosial generasi muda," katanya.

Dalam kesempatan itu, Mensos memberikan anugerah "Aditya Karya Mahatvayodha Award 2018" kepada 44 putra daerah yang dinilai berhasil dalam mengentaskan permasalahan di lingkungannya. (*)

video oleh Pande Yudha


Pewarta: Pande Yudha

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2018