Denpasar (Antara Bali) - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk menyasar digitalisasi layanan kepada pelaku usaha mikro kecil dan menengah yang ditargetkan mulai digunakan Maret 2018 untuk mendukung percepatan pemberdayaan ekonomi masyarakat.

"Biasanya petugas mengerjakan secara manual, nanti mereka mengerjakan melalui aplikasi. Nasabah juga bisa langsung akses melalui aplikasi," kata Pempimpin Wilayah Bank BRI Bali dan Nusa Tenggara Dedi Sunardi ketika menghadiri serangkaian HUT ke-122 BRI di Denpasar, Minggu.

Menurut Dedi, manajemen internal telah siap melaksanakan terobosan digital tersebut dan saat ini dalam tahap sosialisasi kepada petugas terkait.

Dalam sambutannya, Dedi mengatakan sebagai terobosan baru dalam pengajuan kredit bagi calon debitur, bank pelat merah itu memanfaatkan aplikasi berbasis teknologi yakni BRI Spot dan MyBRI.

Selain itu, guna mendukung pemberdayaan UMKM untuk naik kelas, pihaknya juga akan melaksanakan "Indonesia Mall" dan Inkubator UMKM.

Untuk inkubator UMKM, pelaku usaha akan dikenalkan beberapa tahap di antaranya mulai dari dasar kewirausahaan, membangun fundamental bisnis, memperbesar skala bisnis dan membuka jalur pembiayaan.

Sementara itu untuk pembiayaan di Bali, BRI telah menyalurkan kredit usaha rakyat hingga November 2017 mencapai sekitar Rp2,2 triliun dengan 90.425 debitur.

Dari jumlah realisasi itu, sekitar Rp1,9 triliun di antaranya dikucurkan untuk kredit usaha rakyat (KUR) mikro dengan kredit bermasalah tergolong rendah yakni 0,42 persen dan sisanya sebesar Rp294 miliar untuk KUR ritel dengan kredit bermasalah 0,45 persen.

Untuk wilayah Bali dan Nusa Tenggara, bank BUMN tersebut menyalurkan Rp4,6 triliun KUR dengan 208.493 debitur terdiri dari Rp4 triliun KUR mikro, Rp549 miliar KUR ritel dan Rp74 miliar untuk KUR tenaga kerja Indonesia.

Secara nasional, BRI menyalurkan Rp153,9 triliun KUR kepada lebih dari 8,5 juta debitur baru hingga November 2017 yang menjadikan bank itu sebagai penyalur KUR terbesar di Tanah Air. (WDY)

Pewarta: Dewa Wiguna

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017