Semarapura (Antara Bali) - Pemerintah Kabupaten Klungkung, Bali, meraih penghargaan tingkat nasional dalam bidang kesehatan yakni Swasti Saba Padapa"dari Kementerian Kesehatan bekerja sama dengan Kementerian Dalam Negeri tahun 2017.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Klungkung, dr Made Adi Swapatni menerima penghargaan tersebut di Gedung Sasana Bhakti Praja Kemendagri, Jakarta Pusat, selanjutnya diserahkan kepada Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta pada perayaan Hari Kesehatan Nasional di Balai Budaya Ida Dewa Agung Istri Kanya, Semarapura, Kamis.

Ia mengatakan, penghargaan tingkat nasional yang baru pertama kali diterima Pemkab Klungkung dalam kategori Kabupaten/Kota Sehat berkat dukungan dan peranserta semua pihak.

Pemkab sebelumnya harus mengirim berkas administrasi dan dokumen kepada tim penilai di Jakarta. Tim pusat selanjutnya datang ke Klungkung untuk melakukan verifikasi.

Untuk itu ada dua tatanan yang menjadi perhatian tim pusat, yakni sarana dan prasarana permukiman serta tatanan mandiri sehat yang mencakup tentang prilaku hidup bersih dan sehat masyarakat, pencegahan penyakit menular, angka kematian ibu, bayi baru lahir serta beberapa komponen lainnya, ujar dr Made Adi Swapatni.

Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta menyampaikan apresiasi dan rasa syukur atas penghargaan bergengsi tersebut. Penghargaan tersebut merupakan keberhasilan bersama dalam mewujudkan Kabupaten Klungkung menjadi Kabupaten Sehat.

"Keberhasilan itu berkat peran serta seluruh lapisan masyarakat," ujar Bupati Suwirta.

Ia mengharapkan masyarakat ke depan tetap mendukung program-program Pemkab Klungkung antara lain program aksi Gema Santi atau Gerakan Masyarakat Santun dan Inovatif. Dalam program aksi tersebut terdapat berbagai program inovasi.

Dengan demikian penghargaan Swasti Saba Padapa dapat terus dipertahankan.

"Penghargaan ini tidak semata-mata hanya menjadi tanggung jawab satu dinas saja, namun dinas-dinas lainnya juga termasuk seluruh lapisan masyarakat untuk tetap berkomitmen menjaga Kabupaten Klungkung menjadi Kabupaten Sehat," kata Bupati Nyoman Suwirta.

Pemberian penghargaan Swasti Saba Padapa dilakukan dua tahun sekali dalam rangka Hari Kesehatan Nasional.

Ada tiga kategori penghargaan, di antaranya Swasti Saba Padapa diberikan kepada kabupaten atau kota sehat kualifikasi pemantapan, Swasti Saba Wiwerda bagi kabupaten atau kota sehat telah memenuhi kualifikasi pembinaan, serta Swasti Saba Wistara untuk kabupaten atau kota sehat memenuhi syarat pengembangan.(WDY)

Pewarta: I Ketut Sutika

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017