Mangupura (Antara Bali) - Wakil Bupati Badung, Bali, I Ketut Suiasa mengingatkan kepada 18 organisasi perangkat daerah yang meraih "Mangupura Award" beberapa waktu lalu agar terus berinovasi dalam memberikan pelayanan publik.

"Jangan terlena dengan hasil indek kepuasan masyarakat (IKM) saat ini dan menjadikan cambuk untuk OPD lainnya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat," ujar Suiasa di Puspem Badung, Minggu.

Ia mendorong, kepada 20 perangkat daerah yang IKM nya tergolong baik agar menjadikan 18 OPD (peraih IKM sangat baik ini) sebagai motivasi untuk terus meningkatkan pelayanannya kepada masyarakat, karena harus memiliki prinsip sebagai pelayan masyarakat bukan dilayani masyarakat.

Untuk Tahun 2018, pemberian "Mangupura Awards" ini akan dilakukan proses penilaian oleh tim independen terhadap kinerja perangkat daerah dan pemerintahan desa berdasarkan kreteria yang ditetapkan.

Selain itu, pemberian penghargaan "Mangupura Awards" juga menyasar kepada warga Badung yang memiliki prestasi tinggi dan mampu mengharumkan nama bangsa dan negara di kancah internasional.

Ke-18 OPD di Badung yang berhasil mendapatkan penghargaan ini yakni Camat Mengwi, DLHK, Camat Abiansemal, Disparda, Diskominfo, Dinas Penanaman Modal dan PTSP, Dinas Pertanian dan Pangan, Inspektorat, Bagian Pengadaan Barang dan Jasa.

Kemudian, Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan, Dinas PMD, Bappeda, Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM, Diskes, Diskop UKM dan Perdagangan, Disdukcapil dan Camat Kuta.

Diraihnya penghargaan tersebut melalui survei independen yang dilakukan lembaga survey atas kinerja 38 OPD di Kabupaten Badung. Dalam pemberian penghargaan "Mangupura Award" ini dalam rangka mendorong perangkat daerah untuk meningkatkan etos kerja dan pelayanan kepada masyarakat.

Selain memberikan penghargaan kepada OPD, Pemkab Badung juga menyerahkan "Mangupura Award" kepada individu pimpinan perangkat daerah yang mempunyai prestasi dan inovasi kerja tinggi dan prestasinya tersebut diakui secara formal oleh lembaga negara serta sampai dengan internasional.

Anugrah ini diberikan kepada I Putu Eka Merthawan selaku Kadis LHK Badung dengan inovasinya Gojek Sampah Plastik (Gotik). (WDY)

Pewarta: I Made Surya

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017