Singaraja (Antara Bali) - Bupati Buleleng, Bali, Putu Agus Suradnyana, mendorong PKK di daerah itu turut serta menyukseskan program keluarga berencana dan pembangunan di bidang kesehatan.

"Salah satunya melalui Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK yang merupakan upaya pemerintah untuk meningkatkan pelaksanaan kegiatan PKK," katanya dalam kegiatan di Desa Pedawa, Buleleng, Senin.

Pada dasarnya, PKK dengan 10 program pokok telah memberikan andil yang cukup berarti bagi kesuksesan dalam pelaksanaan Program KB maupun program lain dibidang kesehatan.

"Dengan dukungan berbagai lintas sektoral, kegiatan ini menfokuskan pada kelompok swadaya masyarakat, PKK dan Instansi KB-Kesehatan di kelurahan dengan para kader sebagai ujung tombak, serta keluarga sebagai fokus sasaran utama," papar dia.

Pihaknya sering melakukan sosialisasi mengenai alat kontrasepsi, kelompok BKB (Bina Keluarga Balita) menjadi BKB holistik yaitu kelompok bina keluarga yang terintegrasi dengan pendidikan anak usia dini (PAUD) dan posyandu.

Menurutnya, lomba HKG KB Kesehatan mempunyai arti dan peranan yang sangat besar dalam meningkatkan derajat kesehatan dan kesejateraan keluarga.

"Banyak yang telah dicapai dalam meningkatkan program KB dan kesehatan di Buleleng, Namun kita pun menyadari bahwa masih ada keluarga yang masih rendah tingkat kesehatan dan kesejateraannya serta masih rendahnya keikutsertaan ber-KB," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Tim Pengerak PKK Kabupaten Buleleng, Ny. Aries Suradnyana mengungkapkan, momen Kesatuan Gerak PKK KB-Kesehatan ini merupakan salah satu wadah terbentuknya sinergitas program dan kegiatan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga antara PKK dengan pemerintah dalam mewujudkan pemberdayaan dan kesejahteraan masyarakat.

"Kegiatan ini akan bertumpu pada kegiatan kelompok swadaya masyarakat, PKK dan institusi KB di kelurahan dengan kader-kadernya sebagai ujung tombak dan keluarga sebagai sasaran utamanya," ujarnya. (WDY)

Pewarta: Pewarta: IMB Andi Purnomo

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017