Mangupura (Antara Bali) - Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, bersama Universitas Pendidikan Nasional (Undiknas) Denpasar, menjalin kerja sama bidang pendidikan dalam upaya mencetak tenaga kerja yang handal dan terampil.

"Dalam bidang pendidikan, pemkab Badung memiliki kebijakan tidak ada pungutan biaya pendidikan, mudah-mudahan putra-putri di Badung dapat mengenyam pendidikan hingga perguruan tinggi," kata Bupati Badung dalam siaran pers yang diterima Antara di Mangupura, Minggu.

Kerja sama itu, kata dia, dibubuhkan dengan penandatanganan MoU antara Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta dengan Rektor Undiknas Prof. Gede Sri Darma yang juga sekaligus menghadiri kegiatan wisuda Sarjana (S1) dan Magister (S2) siswa Undiknas.

Giri Prasta mengatakan, mengandopsi Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan serta PP Nomor 17 tentang Pengaturan Pelaksanaan Pendidikan, maka Pemkab Badung sangat mendukung fasilitas pendidikan.

Pemberian fasilitas pendidikan secara cuma-cuma yakni pemberian seragam sekolah gratis untuk siswa-siswi SD kelas satu, pemberian laptop gratis untuk kegiatan belajar siswa SD kelas lima dan kelas enam.

"Ke depan kami juga akan memberikan kesempatan putra-putri di Badung dan Bali untuk sekolah diluar negeri dan setelah tamat diluar negeri dapat menjadi leader di 34 provinsi di Indonesia, yang saat ini masih kami kaji pelaksanaannya," ujarnya.

Upaya ini akan dilakukan, guna memajukan anak bangsa yang cerdas melalui sektor pendidikan. Untuk itu, Giri Prasta mengajak para tenaga pendidik dan para akademisi bersama-sama untuk membangun Bali.

"Saya mengharapkan, kerja sama ini berjalan dengan baik dan komunikasi tetap bersinergi dengan Undiknas sehingga wujud nyata bisa dilakukan untuk kepentingan masyarakat Bali secara utuh," ujarnya.

Sementara itu, Rektor Undiknas Prof Gede Sri Darma mengatakan, merupakan kehormatan bagi Undiknas dengan adanya penandatanganan MoU dengan Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta.

"Tujuan melakukan kesepakatan bersama ini untuk menjalin hubungan kemitraan dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat dengan jalan meningkatkan dan mengembangkan pembangunan dalam segala bidang menuju masyarakat yang maju dan sejahtera," ujarnya.

Selain itu, tujuan lain dengan adanya kerja sama ini untuk meningkatkan kualitas pendidikan generasi muda sesuai ajaran Tri Dharma Perguruan Tinggi.

"Ruang lingkup kesepakatan bersama ini meliputi penyelenggaraan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, penyelenggaraan kegiatan ilmiah, seminar dan lokakarya serta peningkatan dan pengembangan kompetensi SDM," katanya. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Made Surya

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017