Singaraja, (Antara Bali) - Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng, Bali, terus memacu pertumbuhan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara asal negara-negara di kawasan Eropa melalui promosi dan peningkatan kualitas destinasi wisata.

"Wisatawan asing yang datang ke Buleleng asal Eropa utamanya Belanda cukup banyak selama ini dan terus kami dorong," kata Kepala Dispar Buleleng, I Nyoman Sutrisna, di Singaraja, Senin.

Ia mengatakan, potensi peningkatan kunjungan wisman asal Eropa memang cukup besar karena karakteristik wisatawan memang menginginkan destinasi wisata yang lebih sepi, tenang dan bebas dari kemacetan.

Buleleng, kata dia, merupakan pilihan tepat, terlebih lagi banyak situs bersejarah yang ada berkaitan dengan masa penjajahan Belanda di masa lalu, sangat menarik bagi wisatawan, utamanya asal Belanda.

"Alam kami juga tidak kalah dengan begitu banyak potensi laut dan pegunungan yang juga sangat digemari para wisatawan asal Eropa," terangnya.

Menurut dia, pihaknya menargetkan kunjungan wisatawan mancanegara terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun terlebih lagi kini telah dibangun beberapa destinasi wisata baru di daerah itu.

"Pada awalnya kami hanya memetakan belasan destinasi wisata terbaik, tetapi kini saya sudah membuat rancangan bahwa Buleleng sebenarnya memiliki 83 destinasi wisata andalan," terangnya. (bgs)      

Pewarta: Pewarta: I Made Bagus Andi Purnomo

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017