Negara (Antara Bali) - Wakil rakyat di DPRD Jembrana membantu ratusan pelajar dari keluarga tidak mampu mulai tingkat SD hingga SMA.

"Tahun ini merupakan yang pertama kami memberikan bantuan uang tunai kepada pelajar dari keluarga kurang mampu. Kami akan agendakan kegiatan ini setiap tahun," kata Ketua DPRD Jembrana I Ketut Sugiasa, usai menyerahkan bantuan tersebut, di Negara, Senin.

Ia mengatakan, pihaknya bekerjasama dengan Dinas Pendidikan untuk mendata pelajar SD hingga SMA yang memiliki prestasi namun kesulitan biaya sekolah, sementara untuk madrasah mulai dari Ibtidaiyah hingga Aliyah pendataan dibantu Kantor Kementerian Agama.

"Yang kami prioritaskan adalah pelajar yang memiliki prestasi, namun berasal dari keluarga kurang mampu sehingga kesulitan untuk membeli peralatan sekolah seperti seragam, buku, alat tulis dan lain-lain," katanya.

Menurutnya, bagi pelajar SD dan sederajat mendapatkan uang tunai Rp300 ribu, SMP Rp350 ribu dan SMA Rp400 ribu, dengan jumlah total 122 pelajar.

Terkait sumberdana bantuan ini, ia mengatakan, berasal dari urunan seluruh wakil rakyat yang sudah dilakukan sejak empat bulan lalu.

"Bantuan ini juga serangkaian dengan hari pelantikan kami sebagai wakil rakyat, yang sudah direncanakan sejak empat bulan lalu. Kebetulan juga bersamaan dengan perayaan Hari Jadi Kota Negara," katanya.

Kepada penerima bantuan, ia mengatakan, uang tunai tersebut agar digunakan untuk membeli peralatan sekolah sesuai dengan tujuan pihaknya.

Meskipun berasal dari keluarga kurang mampu, ia memberikan semangat kepada pelajar yang hadir di pelataran Gedung DPRD Jembrana untuk tidak patah semangat, karena banyak orang sukses berasal dari keluarga tidak mampu.

"Jangan putus asa hanya karena berasal dari keluarga kurang mampu. Banyak orang besar, pejabat dan lain-lain yang juga berasal dari keluarga kurang mampu. Yang penting kalian tetap semangat dan tekun belajar," katanya kepada pelajar yang hadir.

Sekretaris DPRD Jembrana Made Sudantra mengatakan, banyak kegiatan yang dilakukan wakil rakyat berkaitan dengan hari dimana mereka dilantik yang bersamaan dengan Hari Jadi Kota Negara.

Menurutnya, selain bantuan kepada pelajar, wakil rakyat juga membantu berbagai kegiatan perlombaan di desa-desa, serta menggelar lomba catur.(GBI)

Pewarta: Pewarta: Gembong Ismadi

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017