Denpasar (Antara Bali) - Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Denpasar I Gusti Agung Laksmi Dharmayanti mengharapkan keberadaan "Forum Anak Denpasar" mampu memberi kesejahteraan terhadap anak tersebut.

"Kami berharap terbentuknya `Forum Anak Denpasar` ke depannya bisa memberikan perlindungan terhadap hak-hak anak secara layak," kata Laksmi Dharmayanti dikonfirmasi, di Denpasar, Bali, Rabu.

Ia mengharapkan anak-anak di Kota Denpasar dapat tumbuh dan berkembang dalam lingkungan nyaman, aman dan damai serta terpenuhi hak-haknya.

"Anak-anak perlu perhatian dari lingkungan keluarga dan masyarakat, karena jika anak tersebut sehat maka harapan dari keluarga maupun lingkungan akan menjadi lebih sejahtera, sebab anak juga harapan masa depan bangsa," katanya.

Oleh karena itu, kata dia, perhatian pertama pada anak dimulai dari keluarga itu sendiri, selanjutnya dalam kehidupan pendidikan maka anak itu akan tumbuh dan berkembang di masyarakat.

"Karena itu sebagai orang tua dan masyarakat harus memperhatikan kebutuhan dan hak-hak anak itu sendiri guna mendapatkan layanan yang layak," ujarnya.

Di tempat terpisah, Wali Kota Denpasar Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra mendukung terbentuknya "Forum Anak Denpasar", karena anak merupakan penerus bangsa dalam mengisi pembangunan.

"Saya berharap Forum Anak Denpasar dapat membantu mensosialisasikan pencegahan kenakalan pada anak-anak, termasuk juga bagaimana dapat menjadi anak kreatif," ujarnya.

Wali Kota Rai Mantra menginginkan dengan forum tersebut anak-anak Denpasar memiliki pendidikan mental, spiritual dan kreativitas termasuk pendidikannya berjalan lancar.

Untuk itu, kata dia, peran semua pihak tentang pendidikan anak termasuk peran orang tua sangat penting. Karena itu mengajak para orang tua tetap peduli terhadap setiap perkembangan dan pendidikan anak-anaknya.

"Mari bersama-sama selalu peduli dengan anak-anak, karena dengan kepedulian tersebut akan mampu mengarahkan perkembangan anak itu sendiri sesuai dengan harapan keluarga, termasuk juga bangsa," kata Rai Mantra. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Komang Suparta

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017