Mangupura (Antara Bali) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Badung bersama pihak eksekutif segera membahas rencana pemerintah daerah setempat membantu program bedah rumah pada enam kabupaten di Pulau Bali.

"Pembahasan ini dilakukan untuk mengintensifkan secara teknis dengan eksekutif untuk pos anggarannya," kata Ketua DPRD Badung Putu Parwata, di Mangupura, Rabu.

Ia mengatakan, pembahasan pos anggaran untuk bantuan bedah rumah dari Pemkab Badung kepada enam kabupaten di Bali ini akan menggunakan dana penyisihan Pajak Hotel Restoran atau Bantuan Keuangan Khusus.

Parwata menerangkan, Pemkab Badung telah melaksanakan program pembangunan di daerahnya secara optimal dan memang terdapat anggaran lebih untuk membantu kabupaten lainnya.

Secara prinsip dewan sangat menyetujui upaya ini dan terkait upaya memberikan bantuan bedah rumah kepada enam kabupaten di Bali ini memang telah disampaikan kepada dewan oleh Bupati Badung beberapa waktu lalu.

"Program ini sangat positif untuk membantu masyarakat dan apabila memang layak dibantu, maka pemerintah dan dewan siap membantu," katanya lagi.

Sebelumnya, Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta didampingi Wakil Bupati I Ketut Suiasa memaparkan evaluasi program pembangunan Kabupaten Badung Semester I Tahun 2017 di Gedung Wiswa Sabha Utama, kantor Gubernur Bali, Denpasar.

Bupati Giri Prasta memaparkan program unggulan strategis Pemerintah Kabupaten Badung yang tertuang dalam Pola Pembangunan Nasional Semesta Berencana (PPNSB).

Giri Prasta menekankan, penting keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, sehingga Pemerintah Kabupaten Badung mempunyai tanggung jawab moral untuk membantu enam kabupaten di Bali, yaitu Buleleng, Bangli, Karangasem, Klungkung, Tabanan, dan Jembrana.

Selain pembagian PHR, Pemerintah Kabupaten Badung tahun 2018 juga siap membantu 2.000 bedah rumah pada enam kabupaten tersebut dengan total biaya sebesar Rp100 miliar.

Dana Rp100 miliar tersebut akan diberikan secara proporsional sesuai dengan penyumbang angka kemiskinan terbanyak, kata Bupati pula. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Made Surya

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017