Nusa Penida (Antara Bali) - Bupati Klungkung, Bali I Nyoman Suwirta mengatakan, pengembangan pariwisata Nusa Penida, sebuah pulau yang terpisah dengan daratan Bali dapat dilakukan secara berkelanjutan.

"Perkembangan pariwisata Nusa Penida dalam dua tahun terakhir lebih cepat dari perencanaan, sehingga rencana detail tata ruang Nusa Penida kini lebih dipacu," kata Bupati Nyoman Suwirta pada diskusi pariwisata di Nusa Penida, Kamis.

Dalam acara yang dihadiri komponen pariwisata, tokoh masyarakat setempat di daerah itu serta anggota DPRD setempat I Made Jana, Bupati mengatakan, pihaknya sudah mengintruksikan dinas terkait membuat kajian agar Nusa Penida dikelola oleh badan pengelola.

"Tiga pulau di Nusa Penida yakni Nusa Penida, Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan dikelola oleh dua badan pengelola," ujar Bupati Nyoman Suwirta.

Demikian pula infrastruktur seperti air, jalan dan listrik sebagai penopang pariwisata telah, sedang dan akan diupayakan secara maksimal. Tahun 2017 misalnya diperbaiki jalan menuju objek wisata Atuh dan Pasih Hug.

I Wayan Sugata, salah seorang anggota kelompok petani rumput laut mengharapkan agar petani rumput laut dengan pariwisata bisa saling menunjang, sehingga usaha yang digelurinya tetap bisa berkesinambungan.

Sementara I Gede Tanjung, seorang komponen pariwisata mengusulkan agar kesadaran wisata bagi masyarakat setempat dapat ditingkatkan, melalui pelatihan dan prilaku yang mendukung pengembangan sektor pariwisata.

Kunjungan wisatawan dalam dan luar negeri ke Nusa Penida selama liburan Idul Fitri meningkat tajam dibanding hari-hari sebelumnya.

Bahkan hotel dan penginapan yang ada tidak mampu menampung jumlah kunjungan wisatawan dan hal itu diharapkan tetap terjadi di masa-masa mendatang, katanya. (WDY)

Pewarta: Pewarta: Dewa Sentana

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017