Singaraja (Antara Bali) - Pemerintah Kabupaten Buleleng, Bali, melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) di wilayah tersebut memaksimalkan sistem "jemput bola" atau mendatangi masyarakat secara langsung terkait pencatatan kependudukan.

"Pelayanan kependudukan itu termasuk pembuatan kartu tanda penduduk (KTP) dan juga pembuatan surat lainnya. Kami sudah memprogramkan pelayanan kependudukan keliling menggunakan mobil khusus," kata Kepala Disdukcapil Buleleng, Ni Putu Ayu Reika Nurhaeni, di Singaraja, Jumat.

Ia mengatakan program yang nantinya terintegrasi dengan satelit itu akan memudahkan masyarakat yang ingin melakukan perekaman KTP tanpa perlu datang ke kantor camat ataupun kantor Disdukcapil, namun hanya perlu menyelesaikan di mobil tersebut dan langsung jadi.

"Program ini akan kita coba uji tahun ini. Kami berharap program yang ada dapat meringankan beban masyarakat terkait kependudukan," kata Reika.

Saat ini, Disdukcapil memaksimalkan pelayanan dengan program satu hari pelayanan. Jadi, masyarakat tidak perlu antre hingga berhari-hari menyelesaikan administrasi kependudukan.

Program yang sudah berjalan tersebut ditengarau mampu mengurai padatnya intensitas kepengurusan administrasi kependudukan di kantor setempat.

"Konsekuensinya adalah kami harus bekerja maksimal melakukan pelayanan terhadap masyarakat," kata Reika. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Made Bagus Andi Purnomo

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017