Singaraja (Antara Bali) - Pemerintah Kabupaten Buleleng, Bali, menyatakan akan fokus pembangunan sektor pertanian pada tahun 2018 sebagai salah satu upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Sesuai arahan kepada daerah, kami sedang merancang bagaimana pengelolaan pertanian kedepan menjadi lebih baik lagi," kata Kepala Bagian Humas Pemkab Buleleng, Made Supartawan, di Singaraja, Sabtu.

Ia mengatakan, terkait program tersebut, dalam waktu dekat ini Pemkab Buleleng akan menggelar studi banding ke wilayah Kabupaten Bogor guna mempelajari pengelolaan pertanian di wilayah tersebut.

Menurut dia, Kabupaten Bogor merupakan salah satu daerah di Indonesia dikenal berhasil mengelola pertanian dan perkebunan guna mendorong peningkatan kesejahteraan penduduknya.

"Kami akan mempelajari bagaimana selama ini mereka mengembangkan berbagai potensi yang dimiliki dalam bidang pertanian sehingga maju seperti yang kita ketahui selama ini," tuturnya.

Sebelumnya, Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana, menyatakan bahwa berjanji akan memberikan perhatian lebih pada sektor pertanian pada 2018 mendatang.

Ia mengatakan pengembangan sektor pertanian merupakan salah satu program penting yang harus dilakukan terlebih lagi wilayah kabupaten ujung Utara Pulau Dewata tersebut didominasi lahan perkebunan dan pertanian.

Bukan hanya itu saja, sebagian besar penduduk Buleleng masih menggantungkan hidup mereka pada kedua sektor tersebut. "Tahun depan kami murni akan fokus pada sektor pertanian," tambahnya.  (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Made Bagus Andi Purnomo

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017