Mangupura (Antara Bali) - Ombudsman Republik Indonesia Pusat mengunjungi Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta dalam rangka meminta penilaian eksternal terkait penanganan pengaduan masyarakat yang dilakukan ORI Perwakilan Bali.

"Kunjungan ke Badung meminta penilaian eksternal dan ingin mengetahui sejauh mana peran dan interaksi ORI Bali dengan Pemkab Badung dalam melakukan penanganan pengaduan masyarakat, langkah pencegahan dan survey kepatuhan," kata Perwakilan ORI Pusat, Lisa di Mangupura, Kamis.

Ia mengatakan, dalam kunjungan ORI ini juga ingin melihat sejauh mana kinerja Ketua ORI Bali Umar Ibnu Alkatab yang tugasnya kembali diperpanjang.

Untuk itu, Pihaknya melakukan penilaian baik secara internal maupun eksternal di Badung. "Kami sudah berikan quistioner untuk diisi. Ini juga digunakan sebagai dasar dalam melakukan penilaian Ketua Ombudsman RI Perwakilan Bali," ujarnya.

Sementara itu, Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta mengapresiasi kunjungan ORI Pusat sebagai upaya sinergitas antara kedua lembaga pemerintah ini agar berjalan dengan baik.

"ORI Bali senantiasa memberikan pengawasan serta tuntunan kepada jajaran Pemkab Badung dalam upaya meminimalkan kesalahan dalam memberikan pelayanan publik kepada masyarakat," ujarnya.

Menurut Giri Prasta, Ketua ORI Bali juga bertanggungjawab, seperti dalam pengisian pejabat sekda eselon II A. "Syukur telah berjalan dengan baik dan sesuai dengan aturan," ujarnya.

Ia mengharapkan, ke depanya ORI Pusat maupun ORI Perwakilan Bali memberikan tuntunan dan arahan demi peningkatan kinerja pegawai dalam upaya memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat.

"Tuntunan dan arahan dari ORI selalu kami harapkan, kami siap berbenah dan menjadi role model," katanya.

Untuk itu, Pemkab Badung siap membantu dan memfasilitasi sarana dan prasarana yang dibutuhkan ORI Bali sepanjang aturan memungkinkan.

Dalam acara itu, Giri Prasta didampingi Sekda Badung I Wayan Adi Arnawa, Asisten III bidang Administrasi Umum Cok Raka Darmawan dan Inspektur Badung Ni Luh Suryanithi. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Made Surya

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017