Mangupura (Antara Bali) - Wakil Bupati Badung, Bali, I Ketut Suiasa, mendukung kegiatan pemeriksaan mata secara gratis yang dilakukan Yayasan Bali Ceria dan Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia (Perbarindo) di Banjar Tegeh, Desa Dalung, Kuta Utara.

"Kerja sama ini sangat kami apresiasi karena memberikan pelayanan kesehatan dan sebagai upaya pendekatan kepada masyarakat," kata Wakil Bupati Badung Ketut Suiasa saat meninjau pemeriksaan mata gratis di Kuta Utara, Selasa.

Pihaknya mendorong masyarakat setempat untuk mendukung acara ini dan datang berbondong-bondong untuk memeriksakan kesehatan dirinya, khususnya pada bagian mata untuk mendapat penyembuhan sejak dini.

Selain menjaga kesehatan mata, Suiasa juga mendorong masyarakat Kuta Utara agar membiasakan diri menjaga kebersihan lingkungannya mulai dari pekarangan rumah masing-masing.

"Dengan lingkungan yang bersih maka terhindar dari gangguan kesehatan. Meskipun, masyarakat Badung sudah tercover jaminan kesehatan melalui program Kartu Badung Sehat(KBS)," ujarnya.

Sementara itu, Penasehat Yayasan I Gusti Ngurah Diatmika mengatakan, pemeriksaan mata gratis ini merupakan bakti sosial yang kerap dilaksanakan di Bali dan saat ini mengambil tempat di Banjar Tengah Dalung.

"Kami mendata banyak masyarakat yang enggan ke dokter maupun puskesmas untuk memeriksakan kesehatan matanya, padahal sudah memiliki kartu KBS," ujarnya.

Oleh sebab itu, pihaknya memberikan pelayanan kesehatan dengan pendekatan kepada masyarakat melalui upaya ini.

"Kegiatan bakti sosial ini kami telah memeriksa kondisi kesehatan mata masyarakat sebanyak 300 orang," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, pihaknya juga memberi bantuan 300 buah kacamata kepada masyarakat dan melaksanakan operasi katarak yang dilaksanakan pada mobil khusus untuk penderita katarak.

Selain memberikan pemeriksaan mata gratis, tim ini juga memberikan sosialisasi untuk mengurangi penggunaan kantong tas plastik dalam keseharian.

Dalam acara itu, dihadiri Perbekel Desa Dalung I Putu Gede Arif Wiratia, Kelian Dinas Banjar Tegeh Dalung Ketut Armanta, Ketua Yayasan Bali Ceria Vidi Dandi Yanta, dan Ketua Perbarindo Badung Agius Prima wardana. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Made Surya

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017