Mangupura (Antara Bali) - Bupati Badung, Bali, I Nyoman Giri Prasta mengajak seluruh anggota Ikatan Keluarga Banguwangi (Ikawangi) Dewata bersama-sama mendukung program pemerintah dalam membangun Kabupaten Badung lebih maju dan berkembang.

"Mari bersama-sama, bahu membahu ikut berperan aktif dalam membangun Badung tanpa melihat suku dan agama," kata Bupati Badung Giri Prasta di Mangupura, Senin.

Dalam acara Musyawarah Besar ke-II Ikawangi Dewata di Ballroom Sun Boutique Hotel Kuta, Giri Prasta menuturkan bahwa Kabupaten Banyuwangi dan Badung mempunyai kedekatan erat sejak jaman dahulu, terbukti adanya sejarah kedepakatan Kerajaan Badung dengan kerajaan Blambangan.

Mantan Ketua DPRD Badung ini juga sangat mendukung Ikawangi dalam upaya memperkokoh kerukunan, mewujudkan Ikawangi Dewata yang berdikari dalam bingkai NKRI.

"Saya sependapat dengan tema berdikari, berdiri di atas kaki sendiri dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia. Ini berarti kita harus bisa dan mampu mandiri untuk mewujudkan pembangunan," ujar Pejabat asal Petang itu.

Hal ini sejalan dengan program Pemkab Badung dalam pembangunan di masing masing kecamatan seperti contoh membangun gedung, semua bahan seperti pasir, semen, batu bata dan sebagainya akan didapat dari desa atau kecamatan di Badung.

Namun, apabila barang itu tidak mampu diproduksi daerah atau kecamatan, maka akan berkoordinasikan dengan daerah atau kecamatan lainnya. "Hal ini akan memberdayakan masyarakat desa yang ke depannya dapat terwujud kesejahteraan mulai dari desa," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Umum Ikawangi Dewata Bambang Sutiono memberikan apresiasi kepada Bupati Badung Giri Prasta yang sudah mengayomi masyarakat Banyuwangi yang berada di Kabupaten Badung tanpa melihat perbedaan agama.

"Ikawangi ini merupakan wadah masyarakat yang berhubungan dengan Banyuwangi, ada yang lahir di sana, ada yang pernah bersekolah di sana, ada yang orang tuanya dari sana, ada yang suami/istrinya dari sana, ada yang cuma jatuh cinta pada Banyuwangi dan bukan peguyuban atau perkumpulan keagamaan," ujarnya.

Terkait kegiatan musyawarah tersebut, kata dia, bertujuan untuk memilih pengurus Ikawangi Dewata Baru masa jabatan 2017-2021. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Made Surya

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017