Negara (Antara Bali) - Pencuri yang berkedok sebagai tukang ojek, kemudian membawa kabur barang bawaan penumpangnya ditangkap jajaran Polres Jembrana.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Jembrana Ajun Komisaris I Nyoman Sukadana, yang anak buahnya ikut melakukan pengejaran, Selasa mengatakan, setelah Polsek Mendoyo mendapatkan laporan dari Samsul Arifin, warga Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur kalau barang bawaannya dibawa kabur tukang ojek yang ia tumpangi, kejadian ini lalu disebarkan ke seluruh unit kepolisian, termasuk Pos Polisi Lalu Lintas di sepanjang jalan raya Denpasar-Gilimanuk.

"Personil yang berjaga di Pos Polisi Rambut Siwi melihat sepeda motor melintas dengan pengendara sesuai ciri-ciri yang disampaikan korban. Dua mobil patroli lalu mengejar orang tersebut, dan menangkapnya di jalan raya yang masuk Desa Yehsumbul," katanya.

Menurutnya, setelah diserahkan ke Satuan Reserse Dan Kriminal dan dilakukan pengembangan, pelaku berinisial AS dengan alamat Desa Ketiman Kertalangu, Kecamatan Denpasar Timur ini sudah beberapakali melakukan tindak kejahatan dengan modus sejenis.

Kepada Samsul Arifin yang sedang menunggu angkutan umum, saat bertemu di sekitar Terminal Ubung, Denpasar, AS menawarinya untuk ngojek sampai ke Kabupaten Jember.

Dengan tas berisi pakaian dan peralatan tukang ditaruh di bagian depan sepeda motor Yamaha N Max Nopol DK5993SY, mereka meluncur ke Kabupaten Jember melewati Kabupaten Jembrana.

"Saat sampai di Kabupaten Kediri, pelaku minta uang kepada korban Rp100 ribu untuk membeli bensin serta makanan dan rokok. Setelah itu perjalanan mereka lanjutkan," kata Sukadana.

Menurutnya, saat sampai di depan warung milik Ketut Suci di Dusun Yehbuah, Desa Penyaringan, Kecamatan Mendoyo, AS menyuruh Samsul turun untuk membeli minuman, namun itu hanya caranya saja untuk membawa kabur barang korban.

"Waktu korban sedang membeli minuman, pelaku langsung tancap gas kabur. Melihat tasnya dibawa kabur, korban lalu melapor ke Polsek Mendoyo," katanya.

Ia mengatakan, pelaku dengan cepat bisa ditangkap berkat kesigapan personil gabungan dari kesatuan polisi, yang dari pendalaman Satuan Reserse Kriminal, pelaku sudah beberapakali melakukan tindak kejahatan dengan modus sebagai tukang ojek lalu membawa kabur barang bawaan penumpangnya.(GBI)

Pewarta: Pewarta: Gembong Ismadi

Editor : Gembong Ismadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017