Singaraja, (Antara Bali) - Bupati Buleleng, Bali, Putu Agus Suradnyana mengatakan pekan apresiasi seni dan hiburan rakyat di daerah itu sebagai ajang mempromosikan beraneka jenis kerajinan hasil karya usaha mikro kecil menengah (UMKM).

"Saya berharap selama sepekan mendatang pengusaha UMKM dapat memanfaatkan peluang meraub keuntungan dengan membludaknya pembeli," katanya di Singaraja, Selasa.

Ia mengatakan, Kabupaten Buleleng memiliki ragam produk warisan budaya dan karya seni yang mempunyai nilai jual yang sangat tinggi dan memiliki daya saing di pasaran.

Ia menambahkan, kekayaan produk budaya yang bernilai tinggi itu tentu saja perlu terus dikembangkan agar produk-produk yang ada bisa menembus pasar nasional dan internasional.

"Hiburan rakyat dan pekan apresiasi seni ini hadir sebagai media promosi, edukasi, dan rekreasi," ujar Agus Suradnyana.

Dikatakan pula, kegiatan tersebut juga sebagai ajang untuk menjembatani tingkat perdagangan yang lebih maju dan menumbuhkan inovasi serta kreativitas masyarakat.

"Kegiatan ini penting dari aspek sosial-budaya menjadi salah satu sarana untuk memperkenalkan keragaman seni dan budaya Buleleng kepada para pengunjung dari luar Buleleng maupun mancanegara,"  imbuh dia

Ketua DPC PDIP itu juga menjelaskan pekan hiburan rakyat merupakan ajang rutin yang diselenggarakan setiap tahun. Namun, tahun ini penyelenggaraannya dilakukan setelah puncak acara HUT Kota Singaraja ke-413.

Hal tersebut dikarenakan ada hari raya besar pada bulan Maret dan awal April. "Saya berharap seluruh rangkaian acara hiburan rakyat dan pekan apresiasi seni ini berjalan dengan baik dan lancar," tutupnya. (gus)

Pewarta: Pewarta : IMB Andi Purnomo

Editor : I Made Andi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017