Denpasar (Antara Bali) - Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) IX/Udayana Mayjen TNI Komaruddin Simanjuntak sebagai pimpinan Kodam yang baru menggantikan Mayjen TNI Kustanto Widiatmoko memimpin apel luar biasa di Lapangan Puputan Badung, Denpasar, Kamis.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada prajurit Udayana yang membuat tradisi bagus untuk melepas dan menyambut pemimpinnya, sehingga dari apel luar biasa ini menunjukkan prajurit siap menerima pemimpinnya dan mengucapkan selamat bertugas kepada pimpinan yang lama di tempat yang baru," ujar Mayjen TNI Komaruddin usai memimpin apel di Denpasar.

Dalam apel luar biasa yang diikuti 2.400 personel TNI dari satuan yang berada di Wilayah Garnizum itu, Pangdam IX/Udayana yang lama (Kustanto Widiatmoko) mengucapkan terima kasih kepada prajurit, karena selama 11 bulan mendukung kegiatan program dan non program Kodam setempat.

Komaruddin juga menyampaikan, Pangdam IX/Udayana yang lama mengucapkan permohonan maaf karena tidak semua keinginan prajurit dapat terlaksana dan memohon doa restu agar tugas di tempat yang baru melaksanakan amanah negara lebih baik lagi.

"Semakin dekat dengan prajurit, maka semakin dilancarkan karir pimpinannya saat bertugas di tempat yang baru," ujarnya lagi.

Untuk fokus ke depan, kata dia, tugas pimpinan Kodam selama satu tahun mendatang akan melakukan pembinaan satuan dan teritorial. Pembinaan satuan artinya bagaimana mendorong prajurit ini menjadi ahli berperang, memiliki fisik prima dan disegani lawannya, maupun mahir dalam melaksanakan tugasnya.

"Sedangkan untuk pembinaan teritorial adalah bagaimana menyiapkan sarana prasarana perang yang tangguh, yang nantinya apabila ada sesuatu hal, maka rakyat akan menjadi bagian tentara atau sebaliknya," ujarnya.

Untuk ke depannya, Komaruddin akan membuat program strategis agar TNI lebih dicintai rakyatnya dan TNI juga dapat mencintai rakyatnya. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Made Surya

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017