Denpasar (Antara Bali) - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk menyalurkan bantuan pangan nontunai yang merupakan program Kementerian Sosial kepada 2.659 keluarga penerima manfaat di Kecamatan Denpasar timur dan Selatan, Kota Denpasar, Bali.

"Para penerima akan mendapatkan buku tabungan dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS)," kata Pemimpin Wilayah BNI Denpasar (Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur) Anak Agung Gede Agung Dharmawan di Denpasar, Jumat.

Menurut dia, BNI siap menyalurkan bantuan tersebut dengan sistem "branchless banking" melalui Agen 46 BNI yang ada di e-Warong atau Warung Gotong Royong Elektronik serta Rumah Pangan Kita (RPK).

Dia menjelaskan untuk di Kecamatan Denpasar Timur sebanyak 1.461 keluarga penerima manfaat dan Kecamatan Denpasar Selatan sebanyak 1.198 penerima.

Salah satu e-Warong bank tersebut berada di Denpasar Timur di Jalan Padma Denpasar yang juga menjadi Agen46 BNI (agen Laku Pandai atau layanan keuangan tanpa kantor. Sedangkan untuk di Denpasar Selatan pencairan dilakukan melalui agen46 BNI di rumah pangan Kita (RPK) yang dikelola oleh Bulog.

Bantuan nontunai itu hanya dapat dicairkan menjadi beras bersubsidi sebanyak 10 kg serta gula sebanyak dua kilogram atau seluruhnya senilai total Rp110.000 per penerima.

Agung menambahkan penyaluran tersebut sesuai dengan arahan Presiden RI yaitu setiap bantuan sosial dan subsidi diintegrasikan dalam satu kartu serta disalurkan secara nontunai dengan menggunakan sistem perbankan.

Sistem tersebut dimaksudkan untuk memudahkan kontrol, pemantauan, dan memenuhi syarat penyaluran, yaitu tepat sasaran, tepat waktu dan tepat jumlah. Penyaluran tersebut tanpa dipungut biaya atau "zero cost". (WDY)

Pewarta: Pewarta: Dewa Wiguna

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017