Denpasar (Antara Bali) - Pemerintah Kota Denpasar akan menggelar pameran pembangunan bertajuk "Denpasar Expo 2017" di kawasan Taman Kota, 27 Februari hingga 3 Maret mendatang.

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kota Denpasar Dewa Made Agung di Denpasar, Rabu, mengatakan pameran tersebut merupakan rangkaian kegiatan memeriahkan HUT Ke-229 Kota Denpasar.

Ia mengatakan dalam kegiatan "Denpasar Expo" tersebut berbagai inovasi terbaru dalam bidang pelayanan publik Kota Denpasar akan ditampilkan dan diluncurkan Wali Kota Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra.

"Untuk menghindari kesan monoton dan rutinitas, kami rancang `Denpasar Expo` lebih menarik dengan sajian-sajian materi yang dapat memberikan edukasi dan tambahan informasi bagi masyarakat, selain juga beberapa hiburan," kata Dewa Agung, didampingi Kabid Komunikasi dan Informasi Publik Dewa Gede Rai.

Dalam "Denpasar Expo" itu, beberapa organisasi perangkat daerah (OPD) di Kota Denpasar sudah menyiapkan materi unggulan dan ada inovasi-inovasi terbaru dalam bidang pelayanan publik.

Dewa Agung menjelaskan OPD yang menampilkan inovasi terbaru dalam "Denpasar Expo", antara lain Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) akan meluncurkan nomor telepon panggilan kegawatdaruratan 112 dan Disperindag meluncurkan layanan inovasi "rumahbelanja.com".

Begitu juga Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil meluncurkan perekaman e-KTP di masing-masing desa/kelurahan dan Diskominfo sendiri akan meluncurkan "Denpasar Control Room", yakni inovasi pengembangan dibidang pemantauan Kota Denpasar melalui sistem jaringan yang berbasis informasi dan teknologi (IT).

Selain itu, beberapa komunitas seperti Jepun Bali juga akan ikut berpartisipasi melakukan aksi melukis di ruang terbuka di sekitar areal pameran.

"Dalam `Denpasar Expo` tersebut juga ditampilkan hasil-hasil pembangunan Kota Denpasar," kata Dewa Agung.

Selama kegiatan itu, warga masyarakat dapat mencari informasi seputar pelayanan publik di Kota Denpasar, juga bisa mendapat pelayanan langsung di lokasi pameran/expo, karena beberapa Perangkat Daerah juga akan membuka pelayanan kepada masyarakat.

Beberapa partisipan dari perbankan dan Kelompok Kuliner Denpasar akan siap meramaikan gelaran Denpasar Expo. Selain itu, aneka hiburan seperti Bondres, Fashion Endek dan artis Pop Bali juga sudah siap menghibur masyarakat.

"Kami berharap dengan digelarnya `Denpasar Expo` ini masyarakat bisa memanfaatkan untuk pelayanan dibidang informasi dan nantinya masyarakat tahu perkembangan Kota Denpasar yang muaranya bisa membangkitkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan di Kota Denpasar," kata Dewa Agung. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Komang Suparta

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017