Lumba-Lumba Terdampar di Laut Gerokgak Buleleng

Singaraja (Antara Bali) - Satuan Polisi Perairan Kepolisian Resor Buleleng, Bali menemukan seekor lumba-lumba terdampar di wilayah pesisir utara Desa Gerokgak, Kecamatan Gerokgak.

"Pertama kali lumba-lumba ditemukan nelayan dan kami langsung melakukan penanganan bersama nelayan," kata Kepala Sub Bagian Humas Polres Buleleng," Ajun Komisaris Polisi Nyoman Suartika, Senin.

Ia mengatakan, pertama kali ditemukan, lumba-lumba masih dalam keadaan baik namun tidak dapat bergerak karena tersapu arus hingga ke wilayah pesisir pantai di daerah itu.

Lumba-lumba tersebut berukuran kurang lebih memiliki panjang sekitar 2,5 meter. "Ukurannya tidak terlalu besar sehingga mudah dilakukan penanganan oleh nelayan," kata dia.

Ia menambahkan, wilayah penemuan lumba-lumba berdekatan dengan Pura Segara Gerokgak sehingga banyak dilihat nelayan, terlebih lagi dekat dengan pemukinan nelayan di daerah itu.

"Pertama kali langsung dilihat nelayan di daerah itu. Untung memang karena cepat ada yang menemukan," tambah dia.

Saat ini, kata dia, lumba-lumba tersebut berusaha dibawa kembali kelaut dibantu sejumlah nelayan.

"Sudah dibawa kembali ke dalam. Juga dibantu sejumlah warga di daerah itu. Nelayan di daerah itu cukup tanggap sehingga heman mamalia itu segera dapat terselamatkan," katanya. (WDY)