Denpasar (Antara Bali) - Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 3 Denpasar, Bali mampu meraih tujuh dari sepuluh penghargaan Hemat Energi Rumah dan Sekolah 2016 tingkat Nasional dari Kementerian Energi Sumber Daya dan Mineral (ESDM).

Kepala SMPN 3 Denpasar I Wayan Murdana, S.Pd, M.Psi di Denpasar Jumat mengatakan, pihaknya bangga atas prestasi yang diraih anak didiknya di tingkat nasional, sebab baru kali pertama mengikuti lomba meraih tujuh dari sepuluh penghargaan hemat enerji.

Penghargaan dengan kategori hemat energi yang diserahkan Kementerian Energi Sumber Daya dan Mineral (ESDM) adalah sebagai juara 2 Sekolah Hemat Energi juara 1 Manager Hemat Energi, juara 1 Pahlawan Hemat Energi, juara 1 Jingle Hemat Energi, juara 2 Video Hemat Energi, juara 2 Jurnalistik Hemat Energi dan juara 2 Arsitektur Hemat Energi.

Prestasi yang bisa diraih para siswa tersebut berkat kerja keras yang sudah ditanamkan kepada anak didik selama ini, disamping ketekunan para guru di lingkungan SMPN 3 Denpasar dalam membina mereka sehingga mampu menunjukkan hasil yang membanggakan itu, kata Murdana.

Pembina penelitian Saint SMPN 3 Denpasar , Ni Putu Sri Utami Dewi,S.Pd, M.Pd yang juga menjadi juara 1 Manager Hemat Energi mengatakan "Senang sekali atas penghargaan yang diperoleh karena ini yang pertama kali kota Denpasar diikutsertakan dalam lomba tersebut."

Pada hal penganugerahan kegiatan itu sudah dilakukan sejak tahun 2012 hanya pesertanya dari kota- kota di Jabodetabek dan baru tahun 2016 Bandung dan Denpasar diikutsertakan, sehingga bersaing dengan 21 sekolah yang ada di Bali diantaranya SMP dan SMA,SMK.

Seleksi dalam lomba itu cukup ketat dan memerlukan waktu sekitar tiga bulan, dalam proses penilaian, dimana sekolah mendapat kunjungan dua kali dari tim Kementerian ESDM dan kunjungan penjurian dua kali dari tim Jakarta dan hasilnya SMPN 3 Denpasar mengantongi banyak juara, kata Sri Utami.

Sri Utami sosok pembina yang enerjik dan ceria ini sudah mendapat 30 penghargaan untuk anak didiknya dari beberapa hasil penelitiannya sejak tahun 2012 termasuk limbah air dari kamar mandi sekolah.

Adapun nama-nama yang juara lomba Hemat Energi adalah juara 2 Sekolah Hemat Energi, juara 1 Manager Hemat Energi ( Ni Putu Sri Utami Dewi) sebagai Pembina Penelitian Saint SMPN3 Denpasar , juara 1 Pahlawan Hemat Energi diraih oleh Annand Kurnia Iswari Siswi kelas IX D.

Juara 1 Jingle Hemat Energi dimenangkan oleh Ananda Eka Raharja, Bayu Bramantara, Putri Rahayu Indrayani, Annand Kurnia Iswari siswi kelas IX, juara 2 Vidio Hemat Energi siswi kelas IX diraih oleh Ariestha Satya Diksha,Gangga Narendra Uma Dewi, Danan Dinatha Adhyaksa.

Sementara juara 2 Jurnalistik Hemat Energi oleh Komang Bintang Sarjiwanisiswi kelas IX dan juara 2 Arsitektur Hemat Energi diraih siswa kelas VIII diantaranya Adhi Praditya Putra, Kaivalya Bhanu Varistha, Prayoga Tripayana, Keshawa Satya Santiarsa.

Sri Utami mengatakan, pihaknya tidak sekedar menerima penghargaan dari hasil lomba, namun lebih jauh lagi yakni adanya penanaman hemat energi kepada anak didik atau pada diri sendiri untuk selanjutnya bisa berpengaruh terhadap masyarakat. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Ketut Sutika

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016