Kuta (Antara Bali) - Bali merupakan gerbang bagi sebagian besar turis asing mengunjungi Indonesia, serta merupakan tujuan wisata populer bagi pariwisata lokal. Berangkat dari kepedulian atas permasalahan sampah di Bali, Coca-Cola Amatil Indonesia (CCAI) dan Quiksilver Indonesia mengambil langkah nyata dalam membantu menjaga Bali agar tetap bersih dan hijau, dengan menginisiasikan program Bali Beach Clean Up (BBCU) di tahun 2007 - sebuah program bersih-bersih pantai yang dilakukan secara rutin setiap harinya di lima pantai ternama di Bali.

Kolaborasi CCAI, Quiksilver Indonesia, masyarakat setempat dan pemerintah Bali ini mendapat perhatian Menteri Muda Infrastruktur dan Lingkungan Belanda, Sharon Dijksma. Dalam kunjungannya ke Indonesia, beliau menyempatkan diri untuk meninjau langsung kegiatan BBCU di Pantai Seminyak, Bali, Kamis (24/11), serta program penanggulangan sampah yang sudah dilakukan pemerintah bersama pihak pengusaha dan masyarakat sekitar di Pantai Seminyak.

Dalam kesempatan tersebut, CCAI dan Quiksilver Indonesia berkesempatan untuk menjelaskan mengenai kegiatan dan progres dari BBCU yang telah memasuki tahun ke-9 penyelenggaraannya.  

"Melalui BBCU CCAI dan Quiksilver Indonesia tidak hanya mewujudkan komitmennya untuk menjaga pantai-pantai di Bali tetap bersih dan aman, tetapi juga memberdayakan masyarakat setempat dengan mempekerjakan 78 penduduk lokal sebagai kru BBCU dan membekali mereka dengan pelatihan mengenai pengelolaan sampah dan kepedulian terhadap lingkungan." ujar Indah Triyanti, Public Affairs & Communications Coca-Cola Amatil Indonesia.

Sebagai garda terdepan, para kru BBCU membersihkan lima pantai di Bali, yaitu Jimbaran, Legian, Kuta, Seminyak, dan Kedonganan setiap harinya dengan menggunakan fasilitas kebersihan dari CCAI dan Quiksilver. berupa barber surf rake, truk sampah dan traktor. CCAI dan Quiksilver Indonesia juga mendistribusikan sedikitnya 150 tempat sampah setiap tahunnya untuk menjaga lingkungan dan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya. Hingga saat ini, BBCU berhasil mengumpulkan lebih dari 32 juta kilogram sampah sejak tahun 2007.

Usai meninjau program BBCU di Pantai Seminyak, Sharon Dijksma menyampaikan apresiasinya atas komitmen CCAI dan Quiksilver Indonesia dalam menjaga ekosistem pantai di Bali dan berharap program BBCU dapat berkelanjutan dan mendapatkan dukungan serta perhatian khusus dari pemerintah lokal. (*)

Pewarta:

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016