Gianyar (Antara Bali) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gianyar, Bali, melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) setempat memberikan penghargaan berupa honor kepada 2.600 kader pos pelayanan terpadu (posyandu) di daerah tersebut.

Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Gianyar, Ny Surya Adnyani Mahayastra di Gianyar, Kamis, mengatakan honor atas dedikasi dan pengabdian terhadap ribuan petugas posyandu telah diserahkan ke masing-masing kecamatan.

Ia mengatakan pemberian honor kepada petugas posyandu merupakan wujud terima kasih Pemkab Gianyar atas kerja keras para kader yang selama ini membantu program pemerintah tanpa kenal lelah dan pamrih.

Para kader posyandu di wilayah Kabupaten Gianyar selama ini merupakan ujung tombak pemerintah bidang kesehatan, terutama kesehatan bayi umur bawah lima tahun (balita) di masyarakat.

Ny Surya Adnyani Mahayastra menambahkan sasaran utama kegiatan posyandu adalah balita dan orang tuanya, ibu hamil, ibu menyusui serta wanita usia subur.

Bertindak sebagai pelaksana posyandu adalah kader. Mereka adalah tenaga sukarela yang direkrut untuk bertugas membantu kelancaran pelayanan kesehatan.

Ny Adnyani Mahayastra menegaskan keberadaan kader Posyandu sering dikaitkan dengan pelayanan kesehatan yang dilaksanakan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di setiap dusun.

Dengan demikian seorang kader posyandu harus mau bekerja secara sukarela, ikhlas dan harus memiliki kemampuan menngerakkan masyarakat untuk mengikuti kegiatan posyandu.

"Jangan dilihat besar kecil nilai honor yang diberikan, namun lihat sebagai wujud terimakasih kami kepada para kader, atas ketulusan mereka bekerja tanpa kenal lelah," tegas Ny Adnyani Mahayastra.

Pada penyerahan penghargaan itu, menurut Ny Adnyani Mahayastra juga diberikan sosialisasi program kerja Tim Penggerak PKK Kabupaten Gianyar kepada Tim Penggerak PKK kecamatan dan desa.

Para kader posyandu juga diberikan pembinaan dan pemantapan tentang sistem pelaporan kegiatan di posyandu, serta evaluasi program kerja Tim Penggerak PKK tahun 2016. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Ketut Sutika

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016