Man Balian atau Ir. Nyoman Sukadarma memulai bisnis property semenjak duduk di bangku kuliah. Dengan rentang waktu yang panjang, pengalaman "makan asam garam" bisnis property sudah dilaluinya. ABPI Berbagi didirikan untuk menjawab panggilan alam Man Balian untuk BERBAGI ilmu pengetahuan bisnis property kepada masyarakat siapapun juga. Bisnis dan Kehidupan adalah dua hal yang dibagikan oleh Man Balian kepada masyarakat. Karena itulah Man Balian mengeluarkan quotes sebagai motivasi untuk siapapun juga terutama pebisnis property.

Tetap Positif dalam Semua Situasi

Sebagai pebisnis property, tetap optimis dan berpikir positif adalah sumber energi yang penting untuk tetap bertahan. Keyakinan kepada niat baik dalam diri menjadi api yang tetap memberikan semangat berusaha. Namun pada kenyataannya, kondisi bisnis dan kehidupan tidak selamanya positif. Kadang suatu situasi bisa menciptakan kekhawatiran, pesimisme, kesedihan bahkan keputus-asaan dalam diri. Senang dan susah, berhasil dan gagal, rwa binedha tidak dapat dielakkan dalam kehidupan setiap manusia

Tuntutan untuk selalu optimis inilah yang membuat quote atau kutipan indah itu muncul. Dengan quote ini, kata-kata yang baik diharapkan masuk dalam pikiran dan teresap dalam hati. Pikiran juga memerlukan pengertian-pengertian yang baik, tidak hanya digunakan hanya untuk berpikir tentang bisnis dan bisnis. Kebaikan harus selalu dipupuk dan dikembangkan .  Kutipan kutipan bijak dari Man Balian tidak selalu berhubungan dengan bisnis property. Pada intinya secara umum seseorang itu seyogyanya dapat hidup baik dan benar diantara berbagai macam kondisi. Setiap orang seyognya harus yakin bahwa kebaikan itu abadi dalam segala situasi.

Muncul dari Pengalaman Pribadi

Man Balian Quote yang saat ini sudah terdapat 70 kutipan, bukan muncul dari ide-ide motivasi semata. Man Balian Quote muncul dari pengalaman original Man Balian dalam jatuh bangun berbisnis property sejak 1991. Man Balian Quote merupakan salah satu bentuk pengabdian (ngayah) Man Balian dalam bentuk membagikan semangat positif kepada masyarakat. Motivasi-motivasi tersebut tidak pernah diperjualbelikan, namun murni untuk memberikan semangat kepada siapa saja yang mau, terutama insan-insan yang mengabdikan diri dalam dunia bisnis.

Man Balian Quote muncul sejak sekitar satu tahun yang lalu, muncul dalam sebuah proses kehidupan dan dalam peristiwa-peristiwa nyata sehari hari. Rasa syukur, ketenangan, usaha maksimal, loyalitas, kepercayaan, mengolah kesedihan, berani membuat keputusan, kebaikan hati, mengalah dan lain sebagainya terangkum secara acak dalam Man Balian Quote.

Usaha Maksimal, Sabar Berproses, Iklas Berserah

ABPI mengawali debutnya dengan quote "USAHA MAKSIMAL, SABAR BERPROSES, DAN IKLAS BERSERAH".  Ini suatu proses hidup yang harus dipegang oleh seorang pengusaha apapun juga. Quote ini menunjukkan suatu jalan kesuksesan yang tidak dapat diputar balikkan. Suatu bentuk usaha, harus diawali dengan USAHA MAKSIMAL (bukan hanya sekedar usaha, tetapi USAHA MAKSIMAL). Usaha maksimal inilah yang menentukan bagaimana hasil dari suatu usaha nantinya. Usaha maksimal inilah yang memberikan makna hidup positif kepada semua pengusaha. Jika pengusaha sudah BERUSAHA MAKSIMAL, apapun hasilnya tidak akan membuat di kecewa dan menyesal ketika usahanya belum berhasil.

SABAR BERPROSES merupakan kecerdasan emosi yang wajib dimiliki oleh seorang pengusaha. Dengan kesabaran, seorang pengusaha akan tetap dapat jernih dalam berpikir dan membuat suatu keputusan. Kesabaran lebih menyelamatkan pengusaha dari resiko fatal akibat tergesa-gesa (grusa-grusu) dalam menyimpulkan suatu kondisi.

IKLAS BERSERAH adalah suatu bentuk kecerdasan spiritual yang seyogyanya dimiliki oleh seorang pengusaha. Kadang suatu keadaan yang terjadi, tidak sesuai dengan apa yang kita kehendaki. Entah lebih rendah dari apa yang pengusaha inginkan, atau bahkan lebih tinggi dari target yang dikehendaki. Karakter IKLAS BERSERAH membuat seorang pengusaha lebih tenang dan legowo menerima semua hasil dari usaha. Karakter ini justru memberikan kekuatan kepada pengusaha untuk percaya kepada kehendak Tuhan dan kehendak Alam. Dengan pandangan ini, yakinlah tubuh akan tetap sehat, hati tetap bergembira, hidup tetap menentramkan tanpa beban.

Yakinlah, Tidak ada Keringat yang Terbuang Sia-sia

Tuhan selalu melihat apa yang kita usahakan dan perjuangkan. Tuhan sudah menciptakan alam ini sedemikian rupa sehingga tetap konsten pada hukum sebab-akibat. "YAKINLAH, TIDAK ADA KERINGAT YANG TERBUANG SIA-SIA" merupakan jaminan hukum sebab-akibat dari Alam bahwa semua semua orang yang berusaha akan mendapatkan upahnya. Untuk itu, ketekutan dan perjuangan merupakan salah satu etos kerja seorang pengusaha yang harus teraplikasikan.

"BERPIKIR POSITIF, BERHASIL POSITIF" juga merupakan salah satu rentetan logika sebab-akibat dari Alam. Apapun kondisinya, seorang pengusaha harus tetap berpikir positif dan memaknai semua peristiwa dengan positif. Karena sebenarnya "MASALAH KEHIDUPAN MERUPAKAN UJIAN PENGKUALITASAN DIRI". Tetap fokus melakukan usaha kebaikan saat ini untuk unutk menjadi lebih berguna bagi banyak orang, sebab "APAPUN IMPIANNYA, MASA DEPAN TETAPLAH HANYA SEBUAH HARAPAN, LAKUKAN YANG TERBAIK"

Tenang, Sabar, Sadar

Saat ini dimana ABPI sudah melalui berbagai rintangan, sudah menciptakan puluhan proyek untuk edukasi Komunitas dalam suka dan duka. Saat ini pula ABPI menghadapi tantangan terbesar untuk "TUNTASKAN SETIAP PERJALANANNYA". Man Balian memberikan inspirasi kepada komunitas yang masih bertahan untuk tetap "TENANG, SABAR, SADAR". TENANG dalam segala situasi, karena "APAPUN YANG TERJADI SEMUA ATAS KEHENDAK TUHAN, JADI PANTASKAH KITA KHAWATIR?". Ketenangan (sekali lagi) menjadi kualitas emosi pengusaha yang harus ada agar tetap mampu memutuskan segala sesuatu dengan baik dan benar.

SABAR menjalani proses Alam, yakin bahwa Alam akan memberikan yang terbaik bagi segala usaha. Selain itu, seorang pengusaha harus selalu sabar menjalani proses, entah ketika proses itu menuntut perjuangan, atau ketika proses itu menuntut waktu yang lebih panjang. Sabar menerima apapun hasil dari segala usahanya, memberikan kelegaan hati dan kesehatan jiwa dan raga. Ketika pengusaha itu mampu sabar dalam segala situasi, kebahagiaan dalam bisnis property niscaya akan dapat diraih.

Dan yang terakhir  SADAR akan maknya hidup. Sadar bahwa semua usaha yang dilandasi oleh niat baik dan benar, pasti akan tertuntaskan. Sadar bahwa perjalanan panjang seorang pengusaha yang berliku-liku pasti sudah menghasilkan sesuatu dan itu pantas disyukuri.  ABPI diciptakan dengan semangat Berbagi dalam Kebersamaan. Dengan semangat Berbagi dan dengan proyek yang begitu bayak, komunitas yang notabene adalah pengusaha, tetap harus mensykuri suatu perjalanan. Sadarlah, "NIKMATI SUKSES TANPA MELUPAKAN PROSES"
Demikian 5 seri dari ABPI sebagai bentuk perkenalan kami kepada masyarakat luas. Jika anda ingin belajar bisnis property, ataupun jika anda ingin mendapatkan hasil tambahan dari agen property, hubungi kami di Jalan Suli No. 168-170 Denpasar Bali di nomor telepon 0361 261408. Kami senang melayani dan melayani dan menjadi teman untuk anda.  (*)

Penulis Raden Heru Syukur

Pewarta:

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016