Denpasar (Antara Bali) - Universitas Warmadewa, Denpasar, mendorong para lulusannya agar dapat menciptakan lapangan pekerjaan, dengan berbagai bekal yang sudah disiapkan selama menempuh perkuliahan.

"Sarjana yang kami luluskan, kami harapkan mampu untuk menjadi agen perubahan dan mampu memberikan peluang bagi masyarakat di sekitarnya untuk bekerja," kata Rektor Universitas Warmadewa Prof dr Dewa Putu Widjana, di Denpasar, Kamis.

Istilahnya, di tengah era globalisasi yang ditandai dengan persaingan yang ketat ini, pihaknya menginginkan para lulusan dapat menjadi pencipta lapangan pekerjaan (job creator) dan bukan hanya sebagai pencari kerja (job seeker).

Menurut dia, berbagai upaya telah dilakukan untuk mempersiapkan kualitas lulusan yang siap menjadi wirausaha. Diantaranya melalui peningkatan sarana-prasarana penunjang proses pembelajaran, peningkatan kapasitas dosen, memperbaiki sumber input mahasiswa baru, pemuktahiran kurikulum dan tata kelola yang lebih baik.

"Bahkan sejak setahun lalu kami sudah membuka Inkubator Bisnis. Lewat inkubator ini, dari sisi perencanaan, produksi, pemasaran, permodalan bisa difasilitasi bagi mahasiswa yang ingin berwirausaha," ujar Dewa Widjana di sela-sela meninjau persiapan wisuda sarjana ke-54 itu.

Dia menambahkan, untuk meningkatkan kompetensi lulusan, semua program studi mengimplementasikan kurikulum berbasis kompetensi yang mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT) dengan penerapan metode pembelajaran Student Centered Learning (SCL).

Dalam meningkatkan mutu pendidikan di Universitas Warmadewa juga mengimplementasikan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) yang terus dilakukan berjenjang dan berkelanjutan, yang berpedoman pada standar mutu yang telah ditetapkan.

Di sisi lain, terkait dengan pelaksanaan Wisuda ke-54 Universitas Warmadewa yang akan dilaksanakan pada Jumat (23/9) akan diikuti oleh 386 mahasiswa yang mengikuti program sarjana dan pascasarjana.

Rinciannya dari program sarjana sebanyak 346 orang yakni Fakultas Ekonomi (167), Fakultas Hukum (43), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (17), Fakultas Sastra (41), Fakultas Pertanian (23), Fakultas Teknik (52), Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (3).

Sedangkan untuk program Pascasarjana diwisuda 40 orang yakni Magister Ilmu Hukum (16), Magister Manajemen (12), Magister Linguistik (9) dan Magister Administrasi Publik (3). (WDY)

Pewarta: Pewarta: Ni Luh Rhismawati

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016