Singaraja (Antara Bali) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Buleleng, Bali, mengklaim Buleleng Festival 2016 akan memamerkan berbagai jenis kerajinan khas Bali Utara yang memiliki ciri khas tersendiri.

"Kami sudah menyediakan areal khusus memamerkan berbagai jenis kerajinan Bali Utara. Mereka (pengrajin) dapat berinteraksi langsung dengan pengunjung Bulfest," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Buleleng, I Nyoman Sutrisna di Singaraja, Jumat.

Ia mengatakan, Buleleng memiliki pengrajin handal berbagai bidang seperti seni anyaman, kain, bokor dan jenis produk lainnya. Mereka selama ini kesulitan mempromosikan hasil karyanya.

Bulfest yang selama ini mampu menarik animo masyarakat dan wisatawan asing diharapkan memberi kontribusi signifikan terhadap peningkatan hasil penjualan kerajinan yang ada di daerah itu.

"Kerajinan Buleleng sudah terbukti memiliki ciri khas dan kualitas baik. Kami harapkan wisatawan dan masyarakat berkontribusi membeli hasil kerajinan pengrajin kami," katanya.

Sementara itu, kata dia, Bulfest juga akan memamerkan makanan dan kuliner khas Bali Utara sebagai wujud melestarikan warisan leluhur sebagai salah satu warisan budaya tak benda.

"Kami juga akan memamerkan berbagai jenis lukisan khas Bali Utara, selain itu juga akan ada pameran pertanian, hasil budidaya para petani di Buleleng," jelasnya. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Made Bagus Andi Purnomo

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016