Mangupura (Antara Bali) - Wakil Bupati Badung, Bali, I Ketut Suiasa mengharapkan kejuaraan Pekan Olahraga Desa Tumbak Bayuk, Mengwi, mampu mencetak atlet berprestasi untuk mewakili daerah itu dalam ajang Nasional dan Internasional.

"Saya mengharapkan kegiatan ini mampu mencari bibit atlet dan seniman yang berprestasi untuk mewakili Pemkab Badung dalam kegiatan ke depannya," ujar Wabup Ketut Suiasa di Mangupura, Kamis.

Menurut dia, pelaksanaan Pordes ini diyakini mampu sebagai wadah pembinaan olahraga di tingkat desa secara berjenjang, terpadu dan terarah, sehingga dapat menjadi barometer bagi prestasi olahraga dan seni untuk masyarakat, khususnya di Desa Tumbak Bayuh.

Selai itu, ia meminta atlet mampu memanfaatkan momentum ini sebagai membangkitkan jiwa nasionalisme," ujarnya.

Melalui upaya kegiatan Pordes ini, diharapkan mampu meningkatkan semangat generasi muda untuk menolak penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang, sehingga dapat mengalihkan kegiatan-kegiatan negatif menuju ke arah yang positif, kreatif dan rekreatif.

Pada kesempatan tersebut Wabup Badung Ketut Suiasa dan Anggota DPRD Badung I Nyoman Satria memberikan bantuan masing-masing sebesar Rp10 juta untuk kegiatan itu.

Ketua Panitia I Nyoman Gede Saputra mengatakan bahwa Pordes Tumbah Bayuh ini dirangkaikan dengan hari jadi desa setempat ke-17.

"Kegiatan ini sebagai salah satu ajang prestasi dan kreativitas segenap lapisan masyarakat Desa Tumbak Bayuh," ujarnya.

Untuk cabang-cabang olahraga yang dilombakan yakni bola volli antar banjar, lari karung, lomba megala-galaan yang diikuti Ibu-ibu PKK setempat, lomba tajok tingkat Sekolah Menengah Pertama dan lomba tarik tambang tingkat Sekolah Dasar.

Selain itu, ada juga cabang seni yakni lomba macepat anak-anak, lomba macepat tingkat remaja, lomba dharma wacana tingkat remaja dan lomba ngulat tipat, lomba ngulat sengkui, dan lomba ngulat kisa bakaran tingkat anak-anak.

"Puncak acara akan dilaksanakan bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 2016 yang akan diisi jalan santai, hiburan dan penyerahan hadiah kepada pemenang lomba," katanya. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Made Surya

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016