Semarapura (Antara Bali) - Peringatan Hari Koperasi ke-69 di Kabupaten Klungkung dipusatkan di Balai Desa Batununggul, Kecamatan Nusa Penida, sebuah Pulau yang terpisah dengan daratan Bali, Rabu.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta pada kesempatan itu mengatakan, pilar utama sebuah koperasi berlandasan prinsip koperasi yang sudah digagas para pendahulu, salah satu di antaranya kerja sama antar koperasi.

Untuk itu semua pengelolaan wadah koperasi harus diimbangi dengan rasa ketulusan dalam mengelolanya, berawal dari sana, maka koperasi akan tumbuh dan berkembang.

Sektor riil sangat potensial yang perlu digarap secara maksimal, tidak hanya sebatas melayani simpan pinjam. Ekonomi kerakyatan akan berjalan maksimal, jika potensi daerah terangkat seperti kacang mente, rumput laut dan sektor potensial lainya.

"Hal itu hampir sama dengan membangun ekonomi kerakyatan dari peluang kecil sampai besar mensinergikan potensi Nusa Penida dan Klungkung daratan, " ujar Bupati Suwirta.

Ia mengharapkan agar peringatan hari koperasi dapat dijadikan sebagai momentum evaluasi dalam meningkatkan etos kerja dan kinerja seluruh komponen gerakan koperasi.

Dari segi jumlah dan keanggotaan koperasi di Kabupaten Klungkung setiap tahun jumlahnya mengalami peningkatan secara signifikan, namun secara kualitas masih perlu dilakukan pembinaan yang lebih intensif.

Dari jumlah koperasi di Kabupaten Karangasem masih terdapat puluhan koperasi yang tidak aktif dan tidak melaksanakan rapat anggota tahunan (RAT), meskipun persentasenya relatif kecil.

Kondisi tersebut diharapkan dapat diatasi sehingga prestasi pembinaan dan pengembangan koperasi dapat ditingkatkan di masa-masa mendatang, ujar Bupati Nyoman Suwirta.

Ketua Panitia Peringatan Hari Koperasi tersebut I Nyoman Landep melaporkan, koperasi sebuah wahana keberhasilan mengembankan ekonomi kerakyatan berbasis kekeluargaan.

Oleh sebab itu seluruh koperasi diharapkan dapat melaksanakan rapat anggota tahunan (RAT) dengan baik, karena hal itu merupakan salah satu persyaratan sehatnya sebuah wadah perekonomian masyarakat.

Pihaknya dengan melibatkan anggota koperasi dan masyarakat menggelar berbagai kegiatan dalam memeriahkan hari koperasi tersebut. (WDY)

Pewarta:

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016