Singaraja (Antara Bali) - Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri (STAHN) Mpu Kuturan, Kabupaten Buleleng, Bali, memperpanjang masa penerimaan mahasiswa baru hingga Agustus 2016 untuk memberikan kesempatan calon mahasiswa baru yang belum menyelesaikan proses pendaftaran.


"Kami masih buka untuk lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah menengah Kejuruan (SMK) yang ingin bergabung bersama kami," kata Ketua STAHN Mpu Kuturan, Prof Dr Drs I Made Suweta MSi di Singaraja, Bali, Selasa.


Ia mengatakan, meskipun baru tahun ini berdiri, STAHN MK yang merupakan kampus negeri kedua di Buleleng setelah Undiksha itu sudah mampu menarik calon mahasiswa hingga ratusan orang.


"Kami mengapresiasi keinginan dari adik-adik lulusan SMA dan SMK memajukan umat Hindu dengan turut serta bergabung dengan kami. Kedepan mari bersama-sama belajar menjadi generasi penerus Hindu yang menjadi pencerah di masyarakat," kata dia.


Suweta menambahkan, STAHN MK telah menyusun kurikulum strategis di mana lulusan nantinya tidak harus terpaku menjadi pegawai negeri sipil (PNS) atau sebagai pegawai di lingkungan pemerintah daerah saja, tetapi dapat merambah berbagai bidang sehingga berkesempatan pula membuka lapangan kerja.


"Kami menyiapkan beberapa mata kuliah pilihan wajib yang harus dikuasai mahasiswa, beberapa di antaranya seperti `spiritual interprenuer, jurnalistik, bahasa Inggris, pariwisata, akuntansi, dan lainnya," kata dia.


Ia menambahkan, para lulusan perguruan tinggi Agama Hindu di Pulau Dewata saat ini banyak dilirik berbagai kalangan karena terkenal jujur, agamawan dan juga pekerja keras.


"Saya ambil contoh saja para lulusan kita yang bekerja di perbankan, baik negeri maupun swasta. Mereka diterima dengan baik karena memiliki kejujuran dan karakter baik lainnya. Hal tersebut tidak lepas dari pendidikan yang telah dilaksanakan di kampus," paparnya.


Ia menjelaskan, STAHN MK yang merupakan perguruan tinggi negeri (PTN) kedua di Bali Utara itu mengklaim memiliki berbagai jenis jurusan bidang agama dan budaya yang diyakini dapat menarik minat para generasi muda.


"STAHN membuka pendaftaran mahasiswa baru di mana kami menyediakan empat jurusan dengan 11 program studi yang dapat dipilih calon mahasiswa. Jika ada yang ingin bergabung, gratis biaya pendaftaran," katanya. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Made Bagus Andi Purnomo

Editor : I Made Andi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016