Pekanbaru (Antara Bali) - Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan menghadiri acara peluncuran Taman Nasional Zamrud di Kabupaten Siak, Provinsi Riau, sekaligus peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang akan digelar pada tanggal 23 Juli 2016.

"Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia akan diselenggarakan di Kabupaten Siak, dan sekaligus peluncuran Taman Nasional Zamrud. Kami sudah meninjau persiapan-persiapannya mulai dari helipad dan tempat-tempat yang akan dikunjungi Bapak Presiden Joko Widodo," kata Gubernur Riau, Arsyadjuliandi (Andi) Rachman, dalam pernyataan pers yang diterima Antara di Pekanbaru, Senin.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melalui Surat Keputusan (SK) Nomor 350/MenLHK/Setjen/OLA/5/2016 tanggal 4 Mei 2016, telah menetapkan perubahan fungsi suaka margasatwa danau pulau besar/danau bawah dan hutan produksi Tasik Serkap menjadi Taman Nasional Zamrud.

Andi Rachman menuturkan, pada rangkaian kegiatan peringatan Hari Lingkungan Hidup (HLH) 2016 di Siak, Presiden Joko Widodo juga akan melakukan pelepasan bibit ikan di Sungai Siak dan penanaman pohon sekaligus meninjau Istana Siak Sri Indrapura.

Dalam menyambut peringatan itu, Andi Rachman juga mengajak seluruh lapisan masyarakat agar bertekad untuk memerangi perdagangan ilegal satwa liar.

"Mari sambut Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2016 dengan tekad untuk memerangi perdagangan ilegal satwa liar. Go Wild for Life," ujarnya.

Hari Lingkungan Hidup atau World Environment Day (WED) merupakan salah satu kampanye global terbesar terkait pelestarian lingkungan hidup. WED bertujuan untuk menginspirasi setiap orang di bumi untuk mengambil tindakan dalam melestarikan lingkungan hidup.

Tema peringatan tahun ini adalah memerangi perdagangan ilegal satwa liar. Tema ini diwujudkan dalam sebuah slogan, "Go Wild for Life". Tujuannya adalah sebagai bentuk keprihatinan karena perdagangan ilegal satwa liar telah menjadi merusak keanekaragaman hayati di bumi, dan mengancam kelangsungan hidup berbagai spesies yang mengagumkan seperti badak, harimau, dan gajah. Satwa-satwa liar tersebut saat ini menjadi hewan langka yang terancam punah. (WDY)

Pewarta: Pewarta: FB Anggoro

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016