Denpasar (Antara Bali) - Kementerian Pariwisata menyerahkan hadiah lomba foto Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-38 melalui media sosial instagram kepada para pemenang di Taman Budaya Denpasar, Sabtu.

"Pemilihan media instagram karena merupakan aplikasi edit dan berbagi foto yang paling fenomenal dewasa ini," kata Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kementerian Pariwisata I Gde Pitana di sela-sela penyerahan hadiah tersebut.

Dia mengemukakan, di dunia ada sekitar 400 juta pengguna instagram. Untuk di Indonesia sendiri, 97 persen pengguna instagram menggunakannya untuk menulis komentar dan kemudian menandai teman-temannya. Di samping itu, 85 persen pengguna instagram di Indonesia juga mengirimkan link-nya ke media sosial lainnya.

"Media sosial merupakan salah satu media informasi yang sangat efisien dan efektif dalam penyebaran informasi karena tidak terbatas waktu, geografis dan umur. Semuanya dapat mudah mengakses informasi dengan biaya murah dan riil time," ucap Pitana.

Pihaknya sangat mengapresiasi banyaknya jumlah foto yang masuk untuk mengikuti lomba foto terkait pelaksanaan pesta kesenian yang berlangsung dari 11 Juni-9 Juli 2016 itu.

"Berbagai festival kesenian maupun pariwisata, termasuk PKB ini selalu mempunyai pengaruh langsung dan tidak langsung bagi wisatawan. Pengaruh tidak langsungnya melalui media akan jauh lebih besar dibandingkan pengaruh langsungnya karena kalau dilihat dari jumlah pengunjung luar negeri pada PKB, mungkin sekitar lima persen dari keseluruhan jumlah pengunjung yang datang," ujarnya.

Demikian pula dengan partisipasi kesenian asing dalam PKB juga pastinya mereka akan berbicara tentang PKB dan Bali ketika telah tiba di negara masing-masing.

Lomba foto PKB 2016 melalui instagram yang diadakan oleh Kemenpar ini diselenggarakan dari 11-30 Juni 2016, dan ada sekitar 2.900 foto yang harus diseleksi oleh tim juri.

Adapun pemenang lomba foto dari Kemenpar adalah I Nyoman Mahayasa (juara I), AA Ngurah Anom Manik Agung (juara II) dan I Wayan Sumardika (juara III).

Sedangkan 10 juara harapan yakni I PG Budiarta Aryawan, Putu Rivan Jaya Prasetya, I Wayan Mardana, I Nyoman Suparta, I Made Murdita, I Wayan Darsana, I Putu Eko Miarsa Putra, I Putu Agus Adi Yudiana, I Putu Sukmana Ghitha, dan Nur Effendi.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali AA Gede Yuniartha Putra mengatakan meskipun Bali sudah terkenal di dunia internasional, tetap harus terus dipromosikan dan lewat lomba foto tersebut menjadi salah satu upaya promosi Bali.

"Dengan semakin banyak promosi, maka akan berdampak semakin meningkatkan kunjungan wisatawan ke Bali," ujar Yuniartha. (WDY)

Pewarta: Pewarta: Ni Luh Rhismawati

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016