Denpasar (Antara Bali) - Kepala UPT Terminal Ubung, Denpasar, Bali, A.A Eka Putra memprediksi lonjakan arus balik para pemudik dari Pulau Jawa ke Bali menggunakan bus Angkutan Kota Antar Provinsi (AKAP), akan terjadi pada Sabtu (H+2) dan Minggu (H+3).

"Hal itu akibat libur panjang akan berakhir Minggu (10/7), sehingga para pemudik lebih banyak kembali ke Denpasar pada hari itu, karena pada Senin (11/7) nanti aktivitas perkantoran sudah mulai dilakukan," ujar A.A Eka Putra saat ditemui di Denpasar, Jumat.

Ia mengatakan, untuk kondisi arus balik pemudik dari Pulau Jawa dan Sumatera dengan menggunakan bus pada hari ini (H+1) di Terminal Ubung, Denpasar, Bali, masih cenderung sepi.

"Pada H+1 saat ini arus balik masih tampak lenggang, karena masih dalam suasana Idul Fitri yang cenderung para pemudik masih melakukan rekreasi dengan sanak saudaranya," katanya

Untuk perkiraan arus balik para pemudik yang terjadi pada Sabtu (9/7) nanti, kata Eka Putra, kemungkinan besar pemudik banyak yang datang dari Kota Bandung dan Surabaya.

Kemudian, pada Minggu (10/7) nanti, kemungkinanpemudik yang datang ke Terminal Ubung berasal dari Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Terkait prediksi jumlah bus AKAP yang tiba di Terminal Ubung pada arus balik, lanjut dia, diprediksi rata-rata mencapai 40 unit kendaraan bus per harinya.

"Sebelum bus itu mengantar penumpang ke Terminal Ubung, biasanya mereka menurunkan penumpang terlebih dahulu di Terminal Mengwi, Badung," katanya.

Untuk jumlah petugas Teminal Ubung yang disiagakan saat arus balik nanti, lanjut dia, terbagi atas empat regu yang masing-masingnya terdiri dari delapan orang per regunya.

"Artinya total keseluruhan petugas Terminal Ubung yang siaga saat arus balik nanti berjumlah 32 orang yang tugasnya dibagi dua sift jaga," ujarnya.

Untuk Jadwal tugasnya untuk piket pagi hari mulai Pukul 08.00 Wita hingga 20.00 Wita, piket malam mulai Pukul 20.00 Wita hingga Pukul 08.00 Wita esok harinya. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Made Surya

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016