Denpasar (Antara Bali) - Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Nusa Dua, Bali memperoleh kesempatan menjadi tuan rumah pelaksanaan "Host Forum For International Tourism And The Environment- FITE" yang diselenggarakan pemerintah Indonesia-Prancis.

"Kegiatan yang berlangsung selama dua hari itu sebagai pelaksana adalah Kementerian Pariwisata RI dengan Kedubes Prancis (Institute France Indonesia-(IFI)," kata Pembantu Ketua IV STP Nusa Dua, Bali, Dewi Hendriyani di Denpasar, Sabtu.

Dalam surat elektronika yang diterima Antara itu menjelaskan, kegiatan yang berlangsung selama dua hari, 2-3 Juni 2016 itu sebagai salah satu kegiatan memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

Asisten Deputi Bidang Pengembangan Kelembagaan Kepariwisataan, Ani Insani Rochmulyati didampingi Emilienne Baneth-Nouailhetas dari Kedutaan Perancis secara resmi membuka FITE tersebut.

Ani Insani dalam kesempatan itu memberikan apresiasi atas terselenggaranya FITE, karena kegiatan tersebut sangat mendukung terciptanya "Green destinasi" wisata di Indonesia.

FITE tersebut merupakan sebuah konferensi dalam kegiatannya juga digelar "Video Essay Competition" bagi mahasiswa pariwisata dari seluruh Indonesia.

Dalam kegiatan tersebut terpilih sepuluh finalis, tiga diantaranya merupakan mahasiswa STP Nusa Dua Bali yakni seorang mahasiswa Administrasi Perhotelan dan dua mahasiswa Manajemen Kepariwisataan.

Finalis dari "Video Essay Competition" juga melakukan debat dalam bahasa Inggris terkait video mereka di depan juri. Pemenang Video Essay Competition akan memperoleh kesempatan untuk mengikuti "short course" di Prancis.

Pembantu Ketua IV STP Nusa Dua Bali Dewi Hendriyani menambahkan, dengan digelarnya FITE yang juga dimeriahkan dengan kegiatan video essay competition mampu mendorong mahasiswa pariwisata di Indonesia untuk melakukan inovasi dan mengembangkan kreativitas dalam mendukung pertumbuhan industri pariwisata berkelanjutan. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Ketut Sutika

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016