Denpasar (Antara Bali) - Sebanyak 11 orang siswa-siswi Kota Denpasar berhasil menorehkan prestasi pada ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tingkat Nasional Tahun 2016 di Palembang, Sumatera Selatan.

"OSN dari tingkat SD, SMP dan SMA yang sukses mengharumkan nama Kota Denpasar tidak terlepas dari kerja keras para siswa dan guru pembina," kata Plt Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Denpasar I Nyoman Ngurah Jimmy Sidharta didampingi Sekretaris Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Denpasar, I Wayan Sukana di Denpasar, Senin.

Ia mengatakan sebelum berhasil menjadi yang terbaik sekaligus menorehkan prestasi, 11 orang siswa-siswi Denpasar ini harus bersaing dengan 1.680 siswa se-Indonesia yang terdiri dari 408 siswa SD, 396 siswa SMP, dan 775 siswa SMA.

Mereka berlomba menjadi yang terbaik dalam bidang matematika dan IPA untuk jenjang SD, selanjutnya bidang matematika, IPA, dan IPS untuk jenjang SMP, begitu juga matematika, fisika, kimia, informatika/komputer, biologi, astronomi, ekonomi, kebumian dan geografi untuk jenjang SMA.

Jimmy mengatakan kesebelas siswa tersebut yakni dari jenjang SD Denpasar diwakili oleh Ni Made Komang Ista Triana dari SD Percontohan Negeri Tulangampiang Denpasar yang berhasil memperoleh medali perunggu pada bidang Matematika.

Selanjutnya di jenjang SMP, Denpasar diwakili oleh tiga siswa-siswi yakni, Putu Tanisya Putri Wirawan, Gede Aryana Saputra dari SMPN 3 Denpasar dan William Kosasih dari SMPN 4 Denpasar. Ketiganya berhasil memperoleh medali perak pada bidang matematika dan IPA.

Pada jenjang SMA, Denpasar diwakili oleh tujuh orang siswa-siswi berhasil memperoleh dua medali perak dan lima medali perunggu pada bidang komputer, biologi, matematika serta kimia.

Ketujuh siswa-siswi tersebut yakni, Pade Ketut Cahaya Nugraha dari SMAN 3 Denpasar, I Putu Prakayasa Wiprayoga, I Made Krisna Dwitama, Steven Kusuman, Yustika Sari, I Kadek Jimmy Sardan, dan Christoper Thierry Wijaya dari SMAN 4 Denpasar.

"Kami bersyukur dan bangga bisa memperoleh medali para siswa dari Denpasar, selain itu ajang itu menjadi tempat untuk memperluas perkenalan antara siswa dari seluruh penjuru Nusantara. Untuk itu kami terus mengharapkan kepada para siswa-siswi di Denpasar terus berpacu dengan prestasi, sehingga ke depannya mampu menjadi generasi yang berprestasi," Jimmy.  (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Komang Suparta

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016