Mangupura (Antara Bali) - Bupati Badung, Bali, I Nyoman Giri Prasta meyakini dengan menjaring guru yang bermutu diharapkan mampu mencetak generasi muda bangsa yang hebat untuk kemajuan bangsa dan negara.

"Ini kami yakini karena guru-guru yang berkualitas mampu mendidik generasi muda menjadi generasi penerus bangsa," ujar Bupati Giri Prasta di Mangupura, Selasa.

Dalam memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) sebagai introspeksi diri dan evaluasi segenap komponen pendidikan dan pemerintah daerah, pihaknya berkomitmen meningkatkan kualitas dan mutu guru di wilayahnya.

Ia mengatakan, Kabupaten Badung terus melakukan evaluasi berkenaan dengan Sumber Daya Manusia (SDM) dengan mengadakan pelatihan-pelatihan dalam peningkatan SDM, serta melakukan kesiapan untuk melihat segala perkembangan melalui teknologi yang ada.

"Perubahan sangat cepat terjadi, untuk itu maka kami di Badung akan terus berusaha dalam meningkatkan penanganan IT atau teknologi ini serta akan memberikan kebutuhan murid baik melalui pemerintah maupun pihak-pihak lain yang berkompeten," ujarnya.

Giri Prasta mengharapkan kinerja para guru lebih baik sehingga mendapatkan anak didik yang bermutu, berkualitas serta berguna bagi nusa dan bangsa.

Selain itu, terkait tujuan penyelenggaraan otonomi daerah, pihaknya mengajak segenap SKPD di Badung untuk dapat mengembangkan inovasi dan terobosan dalam upaya menyuguhkan pelayanan publik yang semakin berkualitas, cepat, tepat dan murah.

"Untuk mewujudkan pelayanan tersebut kami minta segenap SKPD dapat memanfaatkan dukungan kemajuan dibidang informasi, komunikasi dan teknologi," ujarnya.

Sementara Bupati Giri Prasta yang menyampaikan sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan menekankan bahwa tema yang diusung dalam Peringatan Hardiknas yakni Nyalakan Pelita, Terangkan Cita-Cita.

"Tema ini dimaksudkan agar pendidikan benar-benar berperan sebagai pelita bagi setiap anak Indonesia yang akan membuatnya bisa melihat peluang, mendorong kemajuan, menumbuhkan karakter, dan memberikan kejernihan dalam menata dan menyiapkan masa depan," ujarnya.

Selain itu, ia menekankan keterampilan utuh yang dibutuhkan anak Indonesia yakni kualitas karakter, kemampuan lirtasi dan kompetensi.

Berkenaan dengan Hari Otonomi Daerah ke XX, Menteri Anies Baswedan mengajak segenap jajaran aparatur di Lingkungan Pemda Badung untuk selalu bahu membahu menampilkan kinerja semaksimal mungkin untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Seiring diberlakukannya kebijakan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), maka segenap komponen diharapkan mampu menata seluruh elemen otonomi daerah, agar tidak menjadi penonton dalam persaingan bebas tersebut," ujar Giri Prasta yang membacakan sambutan itu. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Made Surya

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016