Denpasar (Antara Bali) - Kepala Dinas Pariwisata Kota Denpasar Wayan Gunawan mengharapkan ajang "Festival Pesona Bahari Mertasari" terus berlanjut setiap tahunnya, karena kegiatan ini menjadi daya tarik pariwisata Bali.

"Kami harapkan ajang "Festival Pesona Bahari Mertasari" Ke-2 menjadi tuntunan untuk kegiatan ke depannya." kata Gunawan mewakili Wali Kota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra di Pantai Mertasari, Kota Denpasar, Sabtu.

Ia mengharapkan dalam kegiatan selama dua hari hingga Minggu (27/3), akan membawa dampak lebih meningkat kunjungan para wisatawan di pantai berpasir putih tersebut.

"Dukungan dari masyarakat Banjar Blanjong dan sekitarnya yang begitu besar mengangkat potensi desa, tentunya wisatawan yang sedang berlibur di Sanur dan Pulau Dewata akan menyaksikan penampilan dari kesenian dan budaya yang dikemas sesuai dengan tema kegiatan," ujarnya.

Gunawan mengatakan, daerah Sanur memiliki berbagai potensi kesenian dan budaya yang patut digali dan dipertontonkan kepada masyarakat maupun wisatawan.

"Masyarakat sejak dahulu telah menekuni kesenian daerah, selain itu kegiatan masyarakatnya sebagai nelayan terus digeluti sampai saat ini. Bahkan para nelayan juga ikutserta meraup rezeki untuk mengantarkan turis berkeliling di sekitar pantai dengan naik `jukung` (perahu tradisional)," katanya.

Seorang panitia kegiatan, Nyoman Adhi Wistawan mengatakan dalam ajang kali ini, dipentaskan seni dan budaya setempat, selain itu juga membuka anjungan kerajinan dan kuliner.

"Untuk pementasan kesenian sepenuhnya didukung masyarakat kami (Banjar Blanjong), sedangkan untuk stand kerajinan, busana dan kuliner kami sediakan sekitar 20 anjungan," katanya.

Ia mengatakan untuk di hari kedua, pihaknya akan menyajikan serimonial berupa parade yang mengangkat tema "Melasti". Prosesi ini pasti akan menarik wisatawan dan masyarakat setempat.

"Selain serimonial tersebut, kami juga menyelenggarakan lomba perahu layar (jukung) yang diikuti dari para nelayan Sanur," ucapnya.

Kegiatan tersebut merupakan kerja sama Pemerintah Kota Denpasar dengan Kementerian Pariwisata yang diselenggarakan oleh Nusa Dua Convex. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Komang Suparta

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016