Singaraja, (Antara Bali) - Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja, Kabupaten Buleleng, Bali, Kamis (24/3) melepas 538 orang lulusan pada wisuda ke-49 di Auditorium kampus Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tersebut.

"Kami harapkan para lulusan Undiksha mampu mengisi daya saing yang semakin meningkat pada era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) saat ini," kata Rektor Undiksha, Dr I Nyoman Jampel MPd.

Ia menjelaskan, dari jumlah total lulusan yang diwisuda pada periode pertama pada 2016, terdiri atas 83 Magister, 448 sarjana dan tujuh orang ahli madya.

Dengan demikian, kata dia, Undiksha telah meluluskan 48.442 wisudawan terhitung sejak PT yang sebelumnya bernama IKIP Unud ini hingga bertransformasi menjadi Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha).

"Hal ini merupakan salah satu bentuk tanggung jawab Undiksha kepada bangsa dan negara Indonesia khususnya dalam penyiapan sumber daya manusia yang handal dan memiliki daya saing," kata Jampel.

Lebih lanjut, ia memaparkan, bekal yang diberikan kepada lulusan Undiksha ketika mengikuti masa perkuliahan hendaknya dimanfaatkan sebaik mungkin, bukan hanya untuk bekal bekerja atau mencari pekerjaan saja, tetapi hal lain yang lebih bermanfaat lagi.

Undiksha, kata Jampel telah memberikan bekal kemampuan kewirausahaan kepada lulusannya, dimana diharapkan mereka (wisudawan) dapat berinovasi membuka lapangan kerja yang bermanfaat bagi masyarakat luas.

"Mereka harus berinovasi dan tangguh dalam mengikuti pesatnya perkembangan zaman di era sekarang. Kami yakin mahasiswa Undiksha mampu untuk itu, terlebih beberapa prestasi yang sudah ditunjukkan dalam berbagai ajang tingkat Bali maupun nasional," ujarnya.

Sementara itu, dalam wisuda tersebut, lulusan terbaik masing masing fakultas yakni pada program Pascasarjana diraih Ni Luh Gede Nita Apsari MPd, mahasiswa Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dengan IPK 3,89, lulusan terbaik Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) diraih oleh Dewa Kadek Darmada SE dengan IPK 3,96, lulusan terbaik Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) diraih oleh Ketut Agus Murdani SPd dengan IPK 3,92.

Selain itu, lulusan terbaik Fakultas Teknik dan Kejuruan diraih oleh Ni Kadek Lina Wiartini SPd dengan IPK 3,84, lulusan terbaik Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) diraih oleh I Putu Agus Apriliana SPd dengan IPK 3,80, lulusan terbaik Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) diraih oleh Putu Candra Yuni Astini SPd dengan IPK 3,80.

Lulusan terbaik Fakultas Olahraga dan Kesehatan (FOK) diraih oleh I Kadek Yogi Angga Nesa Permana SPd dengan IPK 3,28, lulusan terbaik Fakultas Ilmu Sosial (FIS) diraih oleh Hari Munazat dengan IPK 3,25.. (*)

Pewarta: Pewarta: I Made Bagus Andi Purnomo

Editor : I Made Andi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016