Karangasem (Antara Bali) - Rangkaian Upacara Betara Turun Kabeh di Besakih diawali dengan Nedunang Ida Betara yang  berlangsung pada hari Minggu 20 Maret 2016 masing-masing pura di Besakih.

Pemerintah Kabupaten Karangasem mendapat amongan nedunang Ida Betara di Pura Kiduling Kreteg dan Pura Prajapati Hyang Aluh, dalam prosesi ini Bupati Karangasem IGA Mas Sumatri mundut Ida Betara di Kiduling Kreteg didampingi Sekda I Gede Adnya Mulyadi dan para kepala SKPD beserta staf.
   
Sementara di Pura Prajapati Hyangaluh prosesi nedunang Ida Betara dipundut oleh para Asisten Sekda, juga didampingi oleh kepala SKPD. Dalam Upacara nedunang Ida Betara Kabeh ini hadir pula Gubernur Bali Made Mangku Pastika, Ketua DPRD Provinsi Bali Adi Wiryatama dan jajaran Pemerintah Provinsi maupun Kabupaten se-Bali. Upacara berlangsung sore pukul 16.00 Wita di Pura Penataran Agung Besakih, yang dipuput oleh Ida Pedanda Wayahan Buruan dari Gria Buruan Gianyar.
   
Rangkaian upacara selanjutnya melasti pada hari Senin 21/3,  mepepada selasa 22/3 dan puncak Karya Betara Turun Kabeh jatuh pada Purnama Kedasa tanggal 23 Maret 2016, ida betara nyejer selama 21 hari dan mesineb tanggal 13 April 2016. Setelah selesai upacara nedunang Ida Betara, Bupati Mas Sumatri menyempatkan sembahyang di Pura Prajapati Hyang Aluh dan meninjau Pura tersebut. (*)

Pewarta:

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016