Denpasar (Antara Bali) - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali membentuk "BI Corner" atau pojok baca di dua universitas di Denpasar tahun 2016 untuk memberikan edukasi terkait moneter kepada pelajar dan mahasiswa.

"Ini ajang Bank Indonesia untuk mendidik mereka agar tahu moneter dan ekonomi," kata Kepala Perwakilan BI Bali, Dewi Setyowati di Denpasar, Senin.

Salah satu perguruan tinggi yang sudah lolos dalam seleksi bank sentral itu yakni Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Dia menilai kampus yang terletak di Jalan Kamboja itu tidak hanya memiliki gedung untuk mahasiswa sarjan melainkan juga ada sekolah menengah.

Sehingga dengan adanya "BI Corner" tersebut, pelajar tersebut dapat mengakses informasi terkait ekonomi dan kebanksentralan.

Nantinya bank sentral itu akan menyuplai buku-buku terkait ekonomi dan moneter termasuk membiasakan generasi muda itu dalam komunikasi dan bedah buku ekonomi.

Hal itu pula guna mendorong literasi yang mendalam kepada generasi muda menyangkut dunia ekonomi.

"BI juga turut berperan dalam menciptakan sumber daya manusia yang handal melalui pengembangan dan optimalisasi pendidikan maupun bakat, minat dan potensi kreativitas," ucapnya.

Sebelumnya BI telah mendirikan pojok baca di Kampus Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja yang merupakan pendirian yang pertama di Bali pada 10 November 2015.

Dalam BI Corner atau Pojok Baca tersebut ditampilkan ratusan jenis buku baik pengetahuan umum maupun ekonomi seperti menyangkut kajian ekonomi yang ditampilkan dalam dua bahasa yakni bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

Adanya pojok baca itu diharapkan pula memotivasi generasi muda untuk meningkatkan minat baca ditengah majunya era internet dan globalisasi. (WDY)

Pewarta: Pewarta: Dewa Wiguna

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016