Singaraja (Antara Bali) - Pemerintah Kabupaten Buleleng, Bali memberikan bantuan motor bak sampah untuk Desa Pakraman Beratan Samayaji sebagai upaya mewujudkan program Buleleng bebas sampah plastik 2016.

"Desa Pakraman Beratan Samayaji merupakan desa sadar lingkungan yang dibina oleh Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Buleleng," kata Kepala BLH Buleleng, Nyoman Surya Temaja di Singaraja, Bali, Jumat.

Ia menjelasakan, setiap tahunnya BLH melakukan binaan di desa pakraman di setiap kecamatan yang ada di daerah itu dimana pembinaan untuk desa sadar lingkungan ini sudah dilakukan semenjak tahun 2011 silam.

Pembinaan itu, kata dia, dilakukan untuk mengedukasi masyarakat tentang pengelolaan sampah selain juga untuk mengoptimalkan desa sadar lingkungan.

Menurut Surya Temaja, motor akan membantu pemungutan sampah nantinya. "Sarana ini bisa digunakan untuk mengoptimalkan desa sadar lingkungan, selain adanya mesin pencacah sampah, motor sampah juga perlu untuk mengmabil sampah ke setiap rumah warga," pungkasnya.

Ia menambahkan, BLH memiliki lima motor yang siap diberikan kepada Desa Pakraman yang sudah dibina. "Motor ini sudah kami anggarkan tahun lalu, ada lima motor yang sudah siap diberikan, salah satunya untuk Desa Pakraman Beratan Samayaji," imbuhnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Buleleng, Nyonya Aries Suradnyana yang ikut hadir dalam penyerahan bantuan itu memaparkan, pihaknya mengimbau masyarakat Desa Pakraman Beratan Samayaji untuk tetap menjaga kebersihan.

"Kelurahan Beratan sudah pernah mendapatkan juara kedua di tingkat Provinsi Bali tentang Bali `Clean And Green jadi masyarakat harus menjaga penghargaan tersebut dengan tetap menjaga kebersihan," ujar Istri Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana itu.

Ia pun berharap bantuan bisa bermanfaat untuk warga. "Mudah-mudahan motor bak sampah ini bisa bermanfaat untuk kebersihan Desa pakraman ini," harapnya.

Sementara itu, Kelian Desa Pakraman Beratan Samayaji Ketut Beni Dirgariawan menyampaikan rasa terimakasihnya kepada Pemkab Buleleng yang sudah memberikan bantuan ini. Beni mengatakan akan memanfaatkan bantuan ini sebaik mungkin.

"Tentunya motor itu akan sangat membantu untuk kebersihan di lingkungan Desa Pakraman ini," katanya. Beni berharap nantinya di Desa Pakraman Beratan Samayaji ada bank sampah.

"Mudah-mudahan nanti Pemkab Buleleng bisa mendirikan Bank sampah disini karena itu juga sangat membantu warga kami untuk menangani sampah terutama sampah plastik," harapnya. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Made Bagus Andi Purnomo

Editor : I Made Andi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016