Singaraja (Antara Bali) - Pemerintah Kabupaten Buleleng, Bali kembali menggelontorkan bantuan untuk para lanjut usia (lansia) sebagai salah satu upaya menekan angka kemiskinan di kabupaten terluas di Pulau Dewata tersebut.

"Kami dari Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Buleleng menyerahkan bantuan kepada para lansia di Desa Sekumpul, Kecamatan Sawan dan Desa Bondalem, Kecamatan Tejakula," kata Ketua TP PKK Kabupaten Buleleng, Nyonya Aries Suradnyana di Singaraja, Bali, Jumat.

Ia mengatakan, di Desa Sekumpul, Pemkab memberikan bantuan kepada 50 lansia yang berusia 60 tahun keatas. "Di Aula desa setempat, kami juga bercengkrama dengan para lansia dan juga mengajarkan gerakan senam jari sederhana kepada para lansia di Desa Sekumpul," paparnya.

Lebih lanjut, pihaknya menambahkan, pada saat memberikan bantuan kepada lansia, ditemukan banyak kasus katarak. Katarak memang banyak menyerang manula (manusia lanjut usia).

Paramedis yang ada di desa, kata dia, sudah memeriksa atau "screening" para lansia yang ada dimana nantinya, kalau banyak lansia yang mengidap katarak, mobil Yayasan Kemanusiaan Indonesia (YKI) akan datang ke desa untuk melakukan operasi katarak.

"Pemkab Buleleng telah melaksanakan kerja sama dengan YKI yang menyasar para penderita katarak dan kedepan penanganan salah satu penyakit itu akan semakin ditingkatkan," imbuhnya.

Selain itu, ia memaparkan, pemberian bantuan berupa sembako ini merupakan agenda rutin tahunan. Pemberian bantuan ini dilaksanakan sebelum Hari Raya Nyepi dan juga serangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) ke-412 Kota Singaraja. Selain memberikan bantuan, diselenggarakan juga pelayanan kesehatan gratis kepada lansia.

Selain mengunjungi para lansia di dua desa tersebut, Nyonya Aries Suradnyana juga mengunjungi Kakek Gina, warga Desa Pacung Kecamatan Tejakula berusia 70 tahun. Gina mengalami lumpuh setelah mengalami kecelakaan dua tahun yang lalu.

Kini Gina diasuh oleh cucunya yang bernama Gede Dharma yang masih sekolah di SMP Negeri 4 Tejakula. Mereka berdua tinggal bersama dengan paman Gede Dharma yaitu Gede Bulandana yang mengidap gangguan jiwa. Di rumah Kakek Gina ini, Ny. Aries Suradnyana juga memberikan bantuan berupa sembako. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Made Bagus Andi Purnomo

Editor : I Made Andi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016