Karangasem (Antara Bali) - Pemerintah Kabupaten Karangasem ngaturang Bhakti Penganyar di Pura Luhur Sad Kahyangan Andakasa, Desa Antiga, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem.

Ngaturang Bhakti Penganyar merupakan rangkaian dari Karya Pujawali Ngusaba Pengurip yang puncaknya dilaksanakan pada hari Anggara Kasih Medangsia (1 Maret 2016). Ida Bhatara di Pura Andakasa ini nyejer selama 3 hari, dari tanggal 1 Maret 2016 dan nyineb pada Jumat 4 Maret akan datang.
Rombongan Ngaturang Bhakti Penganyar dipimpin langsung Bupati Karangasem IGA Mas Sumatri bersama Sekda Kab. Karangasem I Gede Adnya Mulyadi didampingi Plt.Asisten II Sujana Erawan, Kabag Humas Protokol I Made Supartha,Kabag Kesra Ida Bagus Pidada, Sekretaris BLH Putu Arnawa serta Camat Abang.

Bupati Karangasem IGA Mas Sumatri usai melaksanakan pemuspaan yang berbaur dengan masyarakat setempat menyampaikan, Ngaturang Bhakti Penganyar kali ini dapat mempererat rasa kebersamaan yang telah terjalin selama ini sesama umat beragama, serta merupakan salah satu wujud bhakti rasa syukur kehadapan Ida Sang Hyang Widi Wasa untuk memohon kesucian Bhuana Agung dan Bhuana Alit agar Ida Sang Hyang Widi senantiasa memberkati dan melimpahkan anugerah-Nya bagi kemakmuran dan keselamatan alam semesta beserta isinya.

"Lewat Karya Pujawali Ngusaba Pengurip Gumi yang dilaksanakan rutin setiap tahun ini diharapkan manusia akan diberikan bimbingan dan petunjuk oleh Ida Sang Hyang Widi Wasa dalam berkarya untuk melaksanakan dan melanjutkan pembangunan, utamanya di Kabupaten Karangasem menuju Karangasem cerdas, bersih dan bermartabat berlandaskan Tri Hita Karana," ujarnya.

Sebelumnya Bupati Mas Sumatri beserta rombongan mengikuti persembahyangan di Pura Dadia Taman Sari Kuta Waringin Ulakan. Kegiatan ini dalam rangka Mlaspas dan Ngresigana di Pura Dadia tersebut. Sebagai bentuk Sradha Bakti kehadapan Ida Sang Hyang Widi Wasa, Tuhan Yang Maha Esa dalam kesempatan itu Bupati Mas Sumatri menyerahkan Sarin Canang Rp 2,5 juta diterima Keliang Dadi Desa Ulakan I Komang Gede Sukayasa. Dan dilokasi Pura Andakasa Bupati Mas Sumatri serta menyerahkan Sarin Canang yang diterima Sekretris Pura I Ketut Suadnyana Rp 15 Juta Rupiah.

Pewarta:

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016