Denpasar (Antara Bali) - Pulau Lembongan, Kabupaten Klungkung, Bali, menjadi tempat favorit para wisatawan domestik dan mancanegara untuk mengisi liburan Natal dan Tahun Baru 2016.

Wayan Suarbawa, seorang pelaku pariwisata Pulau Lembongan, saat dikonfirmasi Antara Bali, Jumat mengatakan jumlah wisatawan yang datang ke pulau yang memiliki alam eksotik tersebut terus mengalami peningkatan sejak hari raya Natal hingga menjelang pergantian tahun 2015 ke 2016.

"Wisatawan domestik maupun wisatawan asing sejak perayaan Natal dan menjelang pergantian tahun sudah ramai berdatangan ke pulau yang memiliki keindahan terumbu karang, pantai yang memesona. Sehingga wisatawan pun merasa nyaman mengisi liburannya," ucap alumnus Jurusan Antropologi, Universitas Udayana Denpasar.

Suarbawa lebih lanjut mengatakan para wisatawan berlibur ke Pulau Lembongan merupakan kelanjutan liburannya setelah di Bali daratan (Sanur, Kuta, dan Nusa Dua). Mereka ingin mencari tempat tenang berlibur, karena keberadaan pulau yang berada di Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, kalau dari pelayanan transportasi mudah dijangkau.

"Setiap harinya yang berlibur ke Pulau Lembongan adalah wisatawan mancanegara. Hanya waktu-waktu tertentu wisatawan domestik yang ramai ke pulau tersebut, misalnya liburan sekolah atau liburan hari raya lainnya," ujar Suarbawa.

Eka Santhi, seorang wisatawan domestik mengaku baru pertama kali berlibur bersama keluarganya menikmati suasana pergantian tahun di Pulau Lembongan. Suasana disana luar biasa nyaman, dan keindahan pantainya sangat mengagumkan, karena masih alami dan bersih.

"Saya bersama keluarga merasa nyaman belibur di Pulau Lembongan. Karena setiap harinya iruk pikuk dengan kendaraan bermotor, namun saya rasakan ketika berlibur di pulau tersebut," ucapnya.

Menurut dia, untuk berlibur di Pulau Lembongan sangat cocok, karena fasilitas penunjang pariwisata cukup tersedia, misalnya jangkauan telekomunikasi, restoran hingga penyewaan sepeda motor untuk bisa mengelilingi pulau tersebut.

"Fasilitas penunjang pariwisata cukup tersedia, baik telekomunikasi, boat penyeberangan hingga penginapan/vila dengan harga terjangkau," ujarnya.

Untuk menjangkau Pulau Lembongan itu, wisatawan menyeberang menggunakan kapal boat dari kawasan Sanur, Kota Denpasar dengan jangka waktu tempuh sekitar 40 menit. Kapal boat yang melayani ke Lembongan pergi pulang mulai dari pagi hingga sore hari. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Komang Suparta

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016