Karangasem (Antara Bali)- Pemerintah Kabupaten Karangasem kembali menerima penghargaan lingkungan hidup atas upayanya dalam menanam dan memelihara pohon secara berkesinambungan, dalam upayanya memberikan manfaat yang besar dalam memperbaiki lingkungan dan kesejahteraan masyarakat di daerah tersebut.

Penghargaan Satu Miliar Pohon Tingkat Provinsi Bali tahun 2014 ini diserahkan Gubernur Bali I Made Mangku Pastika yang diterima Penjabat Bupati Karangasem Ida Bagus Ngurah Arda bertepatan dalam upacara peringatan HMPI dan BMN Tingkat Provinsi Bali tahun 2015, di Desa Batur Tengah Kintamani, Jumat (11/12).

Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Bali Ir.IGN Wiranatha,MM menjelaskan, tujuan peringatan HMPI dan BMN adalah untuk lebih membangkitkan budaya menanam dan memelihara pohon bagi seluruh masyarakat Indonesia, dalam rangka membangun ekosistem hutan dan lingkungan hidup yang lebih baik.

Lomba untuk mendorong peran Bupati/Walikota se-Bali merehabilitasi hutan dan lahan ini mulai 1 Pebruari 2014 s/d
31 Januari 2015 dengan hasil penilaian yaitu, juara I Bupati Karangasem, juara II Bupati Buleleng dan juara III Bupati Tabanan, ketiga pemenang diusulkan ke pusat untuk dinilai dalam lomba tingkat Nasional.

“Pelaksanaan peringatan HMPI dan BMN kali ini, menyiapkan beberapa jenis bibit tanaman kehutanan 3000 batang pohon Ampupu dan 2000 batang berbagai jenis tanaman,”imbuhnya

Gubernur Bali Made Mangku Pastika saat membacakan sabutan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya dikatakan, hutan sangat penting sebagai penyangga kehidupan, pilar pengawetan dan pemanfaatan untuk generasi sekarang dan yang akan datang, karena itu hutan harus dilindungi sebagaimana diamanatkan dalam UU.

Hal ini tentulah sejalan dengan misi dan visi pemerintah dalam mewujudkan nawacita yang terkait erat dengan program-program lingkungan hidup dan kehutanan. Siti Nurbaya juga berharap melalui gerakakn gotong royong dan semangat menanam dan memelihara pohon serta penyelamatan puspa dan satwa akan mewujudkan pula visi dan misi kementrian lingkungan dan kehutanan demi kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Penjabat Bupati Karangasem Ida Bagus Ngurah Arda, saat ditemui usai menerima penghargaan penyampaikan bangga dan
mengucapkan puji syukur atas penghargaan yang diberikan Provinsi Bali melalui Gerakan Penanaman Satu Miliar Pohon, sebagai kepedulian seluruh komponen masyarakat khususnya masyarakat Karangasem yang mulai sadar akan pentingnya fungsi pohon baik untuk tata air, lingkungan, sosial dan ekonomi bagi masyarakat.

“Pemkab. Karangasem, akan terus berupaya untuk meningkatkan kepedulian, kemampuan dan kemandirian seluruh komponen masyarakat Karangasem akan pentingnya menanam dan memelihara pohon dan terus mengajak seluruh komponen masyarakat untuk lakukan penanaman dan pemeliharaan pohon secara berkelanjutan,” demikian Ngurah Arda. (*)

Pewarta:

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015